Find Us On Social Media :

Sedih! Gara-gara Konflik Qatar-Arab Saudi, Tidak Ada Warga Qatar yang Bisa Tunaikan Haji Tahun Ini

By Ade Sulaeman, Sabtu, 26 Agustus 2017 | 16:00 WIB

Intisari-Online.com - Bagi peziarah Muslim di Qatar yang berharap bisa melakukan salah satu rukun Islam, ibadah haji tahunan yang dimulai minggu ini sudah tidak terjangkau lagi.

Ini karena Arab Saudi - yang mengawasi dan mengelola dua situs tersuci Islam di Mekkah dan Madinah - membuat mereka tidak mungkin pergi.

Qatari Ministry of Awqaf and Islamic Affairs, yang mengelola dan mengatur haji tahunan untuk warga negara dan penduduk Qatar, mengumumkan bahwa pihaknya tidak menerima tanggapan dari mitranya dari Saudi mengenai logistik perjalanan atau jaminan keamanan.

Pada bulan Juni, Arab Saudi dan tiga negara Arab lainnya melarang warga negara Qatar dari negara mereka dan membuat blokade untuk mencegah barang memasuki negara Teluk.

Kantor berita Qatar News resmi melaporkan pada hari Selasa bahwa otoritas agama Qatar "tidak menemukan adanya kerjasama atau tanggapan positif dari Kementerian Haji, yang telah menyebabkan kebingungan dan penghentian proses peraturan bagi peziarah Qatar,” seperti dikutip dari aljazeera.com.

Kurangnya komunikasi dan kerja sama dari pihak Saudi pada akhirnya berarti tidak akan ada haji untuk penduduk Qatar pada 2017.

Saad Sultan al-Abdullah, direktur kerja sama internasional di Komisi Hak Asasi Manusia Nasional Qatar, menyatakan keprihatinannya bahwa umat Islam dicegah melakukan tugas keagamaan mereka.

"Seharusnya tidak ada pencampuran antara sengketa politik dan hak asasi manusia umat Islam untuk menjalankan tugas keagamaan mereka," katanya. "Politik dan hak asasi manusia harus dipisahkan."

Abdelmajid Mrari, kepala divisi Timur Tengah dan Afrika Utara di Aliansi Kebebasan dan Martabat yang berbasis di Brussels, mengkritik otoritas Saudi karena salah menangani situasi tersebut.

"Mekah tidak dimiliki oleh pemerintah manapun. Mekkah adalah untuk semua umat Islam," kata Mrari kepada Al Jazeera melalui telepon dari Prancis.

"Perilaku Saudi adalah pelanggaran yang jelas terhadap nilai dan norma Islam, serta semua kesepakatan dan konvensi hak asasi manusia internasional."