Find Us On Social Media :

Mangil, Kepala Polisi Pengawal Bung Karno yang Ternyata Tak Tahu Jika Proklamasi akan Dibacakan

By Ade Sulaeman, Kamis, 17 Agustus 2017 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com - Sebelum pasangan Soekarno-Moh Hatta melakukan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Jumat 17/8/1945 yang telah dipersiapkan secara matang dan rahasia, pimpinan Pasukan Polisi Pengawal Pribadi Soekarno (Tokomu Kosaku Tai), Mangil Martowidjojo, pagi hari itu ternyata belum tahu.

Padahal Mangil merupakan pengawal pribadi Soekarno yang selalu menyertai kemana pun calon Presiden RI pertama itu berada.

Jumat pagi Raden Said Soekanto, pimpinan tertinggi Kepolisian Negara (lembaga kepolisian yang dibentuk oleh Jepang), memanggil Mangil dan memberi perintah agar menjaga Bung Karno karena akan ada acara penting.

Mangil pun segera menyiapkan anak buahnya namun kemudian baru tahu jika acara penting itu adalah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang akan dibacakan oleh Soekarno-Hatta.

Pengamanan Proklamasi Kemerdekaan juga dilakukan kesatuan lain.

(Baca juga: Mulai dari Bendera dari Kain Seprei Hingga Bung Karno yang Tak Puasa, Inilah 5 Cerita Unik Sekitar Proklamasi)

Dr. Muwardi, Kapala Keamanan Soekarno, meminta kepada Komandan Kompi (Cudanco) Latief Hendradiningrat untuk menugasi beberapa anak buahnya berjaga-jaga di sekitar jalan kereta api yang membujur di belakang rumah itu.

Di samping itu, di ksatrian atau markas Peta, di Jaga Monyet disiagakan pula pasukan yang dipimpin oleh Komandan Pleton (Shodanco) Arifin Abdurrahman.

Kampung Jaga Monyet (kini Jalan Suryopranoto) terletak di depan Harmoni.

Di Jaga Monyet dahulu terdapat markas pasukan kavaleri Belanda.

Pada masa Jepang, tempat itu dijadikan tempat markas pasukan Peta.

(Baca juga: SK. Trimurti, Saksi Mata Proklamasi yang Pernah Menolak Menjadi Menteri dan Pernah Menyusui dari Balik Bui)

Dari tempat inilah, pasukan Peta di bawah pimpinan Latief Hendradiningrat, pada 17 Agustus 1945, berbaris menuju kediaman Bung Karno di Pegangsaan Timur 56, yang jaraknya sekitar 7 km.