Find Us On Social Media :

Kisah Indah Bagaimana Memelihara Hubungan

By Moh Habib Asyhad, Senin, 14 Agustus 2017 | 21:00 WIB

Intisari-Online.com – Seorang ibu dan anak terlihat di bandara. Saat pengumuman keberangkatan, saya melihat kejadian itu mengajari bagaimana memelihara hubungan.

Berdiri di dekat gerbang keamanan, mereka berpelukan, dan sang ibu berkata, “Saya mencintaimu dan saya cukup berharap padamu.” Anak perempuan itu menjawab, “Bu, hidup kita bersama sudah lebih dari cukup. Cintamu adalah semua yang aku butuhkan. Saya juga cukup berharap, Ibu.” Mereka berciuman dan putrinya pergi.

(Baca juga: Maksudnya Sih Romantis, Tapi Hati-hati Bila Berhubungan Seks Sambil Hujan-hujanan)

Sang ibu berjalan ke tempat saya duduk. Ia berdiri di dekat jendela. Saya bisa melihat ia ingin menangis.

Saya mencoba untuk tidak mengganggu privasinya, tapi ia bertanya lebih dulu pada saya, “Pernahkah Anda mengucapkan selama tinggal pada seseorang yang mengetahui bahwa hal itu akan terjadi selamanya?”

“Ya, saya pernah,” jawab saya. “Maafkan saya bila saya bertanya, tapi mengapa ini ucapan selamat tinggal selamanya?”

“Saya sudah tua dan ia pergi begitu jauh. Saya punya tantangan di depan dan kenyataan bahwa perjalanan berikutnya pulang adalah untuk pemakaman saya,” kata wanita tua itu.

“Ketika Anda mengucapkan selamat tinggal, saya mendengar Anda berkata, ‘Saya cukup berharap padamu’. Bisakah saya bertanya apa artinya itu?”

Wanita tua itu mulai tersenyum. “Itu adalah harapan yang diturunkan dari generasi lain. Orang tua saya biasa mengatakannya kepada semua orang.”

Ia berhenti sebentar dan mendongak seolah-olah mencoba mengingatnya secara rinci dan ia tersenyum lagi. “Ketika kami mengatakan ‘Saya berharap cukup padamu’ kami menginginkan orang lain memiliki kehidupan yang dipenuhi dengan cukup banyak hal baik untuk menopang hidup mereka.”

Kemudian berpaling ke saya, wanita tua itu menceritakan hal ini, sambil mengingat, “Saya berharap cukup banyak sinar matahari untuk menjaga agar sikap Anda tetap cerah.

(Baca juga: Kisah Penyertaan Kasih Sayang Ibu pada Anaknya)

Saya berharap cukup hujan untuk menghargai matahari lebih banyak. Saya berharap Anda cukup bahagia untuk menjaga semangat hidup Anda.