Find Us On Social Media :

Harap Diperhatikan Bagi yang Sedang Mengandung, Cuaca Panas Meningkatkan Risiko Diabetes pada Ibu Hamil

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 1 Juli 2017 | 19:15 WIB

Waspada, Penggumpalan Darah Intai Wanita Hamil

Intisari-Online.com – Wanita hamil tidak seharusnya mengekspos diri mereka pada suhu rata-rata 24 derajat celcius atau lebih, karena mereka berisiko terkena diabetes gestasional.

Demikian menurut para peneliti.

(Baca juga: Seorang Ibu Hamil Berkukuh Pertahankan Janinnya yang Alami Kelainan, Penduduk Kota Pun Bersatu)

Sebagai perbandingan, wanita yang bertahan di iklim yang lebih dingin dengan suhu rata-rata minus 10 derajat atau lebih dingin, sedikit berisiko terkena penyakit tersebut.

Hasil penelitian ini mencoba untuk mengetahui paparan suhu luar pada wanita hamil, dan hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang  berada di daerah beriklim hangat berisiko 7,7 persen menderita diabetes gestasional yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tinggal di iklim yang lebih dingin dengan risiko 4,6 persen.

Setiap kenaikan suhu 10 derajat celcius, ada peningkatan risiko enam hingga sembilan persen secara relatif.

Temuan ini berdasarkan pada teori bagaimana lemak cokelat pada manusia menjadi aktif dalam iklim dingin untuk menghasilkan panas dan metabolisme, di seluruh tubuh kita.

Banyak yang berpikir bahwa pada suhu yang lebih hangat, wanita berada di luar dan lebih aktif, dan ini akan membantu membatasi kenaikan berat badan pada ibu hamil, tetapi ini menjadi predisposisi wanita terhadap diabetes gestasional.

Demikian ditulis oleh Gilllian Booth, seorang peneliti di Rumah Sakit St. Michael di Ontario, Kanada, seperti dilansir dari boldsky.com.

Sebaliknya, paparan dingin dapat meningkatkan kepekaan kita terhadap insulin, dengan mengaktifkan jenis lemak pelindung yang disebut jaringan adiposa cokelat.

Penelitian tersebut dipublikasikan di Canadian Medical Association Journal.

Penelitian tersebut melihat 555.911 kelahiran dari 396.828 wanita yang tinggal di Kanada selama periode 12 tahun (2002 – 2014).

(Baca juga: Makan Nasi Dingin Lebih Baik Dibanding Nasi Panas, Ini untuk Penderita Diabetes dan Mereka yang Ingin Mengontrol Gula Darah!)

Selain itu, didapat juga hasil bahwa wanita yang lahir di iklim yang lebih dingin, termasuk Kanada dan Amerika Serikat, yang terpapar suhu dinign selama kehamilannya memiliki tingkat diabetes gestasional sebesar 3,6 persen, sementara mereka yang terpapar suhu panas memilki tingkat diabetes gestasional 6,3 persen.