Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Mengapa Sistem Navigasi Malah Bikin Frustasi

By Agus Surono, Rabu, 28 Juni 2017 | 16:30 WIB

Saat Aplikasi GPS Waze Mengantarkan Seorang Wanita Menuju Ajalnya

Intisari-Online.com – Teknologi memang membantu, jika penggunanya bisa mengakrabinya. Namun jika tidak bisa maka teknologi itu justru mengganggu.

Misalnya saja GPS yang sudah umum terpasang di mobil masa kini. Alat ini dimaksudkan sebagai alat navigasi, nyatanya malah bikin frustasi.

Sejatinya alat navigasi atau global positioning system (GPS) dibuat untuk membantu penggunanya dalam menemukan tujuan saat bepergian.

Namun, penelitian yang dilakukan JD Powers and Associates punya hasil berbeda. Alat tersebut justru membuat frustrasi pengendara mobil saat menentukan arah.

Menariknya, frustrasi justru ditemukan pada GPS bawaan pabrik yang menjadi fitur standar mobil-mobil produksi masa kini. Bukan pada GPS produk after market atau aplikasi di gawai yang cenderung lebih mudah dan ramah digunakan konsumen.

(Baca juga: Sering Menggunkan GPS Saat Berpergian? Hati-Hati, Ternyata Sistem Penunjuk Jalan Berpeluang Menumpulkan Otak Kita)

Menurut hasil JD Power and Associates 2011 US Navigation Usage and Satisfaction Study 2011 seperti dilansir Autoevolution.com, dari total 18.303 responden pengguna mobil produksi 2011 dengan GPS bawaan pabrik justru mengalami banyak kesulitan di jalan.

Kasus yang paling sering terjadi pada konsumen adalah tak bisa menemukan alamat yang dituju. Kedua, kesulitan memasukan destinasi dan ketiga rute yang ditunjukkan GPS bukan yang tercepat tapi justru memutar.

Permasalahan lebih besar dijumpai konsumen ketika produsen mobil membenamkan seluruh fitur elektronik mobil dalam satu layar sentuh. Pemisahan tombol menu pada layar yang sama bisa saja mempengaruhi efektifitas penilaian konsumen terhadap kegunaan GPS.

Berikut delapan peringkat permasalahan yang dijumpai waktu menggunakan GPS:

  1. Alamat/jalan/kota tak ditemukan
  2. Kesulitan memasukan destinasi
  3. Rute yang disediakan bukan yang tercepat
  4. Kesulitan menggunakan kontrol suara
  5. Nama jalan di peta terlalu minim
  6. Sulit mencari menu yang dicari
  7. Peta atau "point of interest search" kurang menarik
  8. Kualitas tampilan layar yang kurang tajam, mudah silau

(Artikel ini sudah dimuat di Kompas.com dengan judul GPS Mobil Bikin Frustrasi?)