Find Us On Social Media :

Inilah Waktu yang Dibutuhkan Kecerdasan Buatan untuk Benar-benar Menggantikan Peran Manusia. Bahagia atau Justru Waspada?

By Agus Surono, Rabu, 21 Juni 2017 | 20:15 WIB

Dalam seabad lagi AI akan menggantikan pekerjaan manusia.

Intisari-Online.com - Survei global terhadap para ahli dalam pembelajaran mesin menunjukkan bahwa suatu saat semua pekerjaan manusia dilakukan secara otomatis.

Namun, dalam waktu 45 tahun ke depan, setengah dari pekerjaan yang saat ini dilakukan manusia akan diambil alih oleh sistem kecerdasan buatan (AI).

(Baca juga: Dengan Kecerdasan Buatannya, LINE Ingin Menegakkan Kembali Generasi Menunduk)

Lantas, kapan AI akan melampaui kinerja manusia? Katakanlah AI akan membentuk tata kerja baru dalam bidang transportasi, kesehatan, sains, dan keuangan.

Penelitian ini disusun oleh Future of Humanity Institute, di University of Oxford.

Ada tiga pertanyaan kunci yang diajukan oleh penelitian itu:

(Baca juga: Kecerdasan Buatan Ini Disebut akan Membantu Kita Memahami Bahasa Lumba-lumba, Menyenangkan atau Justru Memprihatikan?)

Ledakan kecerdasan

Para ahli percaya bahwa dalam 40 tahun ke depan AI akan mengungguli manusia dalam tugas berikut:

Namun masih tersisa pertanyaan besar, apakah AI akan baik atau buruk bagi umat manusia? Dari penelitian itu terungkap bahwa sebagian besar merasa probabilitas buruk rendah (10%), dibandingkan dengan probabilitas rata-rata yang berpendapat bahwa AI baik bagi umat manusia (25%).

Sementara yang menganggapnya sangat buruk (yaitu kepunahan ras manusia) berkisar pada angka 5%.

Hampir setengah dari mereka yang ditanya mengatakan bahwa penelitian pada kajian untuk meminimalkan risiko AI harus diprioritaskan.