Find Us On Social Media :

Ikan Kembung Lebih Bergizi Ketimbang Salmon, Bisa Bikin Panjang Umur

By Yoyok Prima Maulana, Senin, 26 Juni 2017 | 08:30 WIB

Ikan Kembung, Omega-3-nya Tertinggi

Intisari-online.com - Pada  2004, Dan Buetnerr, penulis asal Amerika Serikat, bersama  tim National Geographic dan para peneliti di bidang kesehatan mengeksplorasi wilayah-wilayah yang penduduknya berumur panjang.

Wilayah-wilayah tersebut mereka namakan “Blue Zones”. Loma Linda di California salah satunya.

Penduduk di sana bisa berumur 100 tahun atau lebih lama 4-7 tahun dibanding populasi wilayah AS lainnya.

Setelah diselidiki, ternyata masyarakat Loma Linda punya kebiasaan mengonsumsi makanan sehat. Mereka tidak makan daging dan menjalani diet vegetarian.

(BACA JUGA: Golongan Darah B Paling Kepo, Yuk Kenali Karakter Orang Lewat Golongan Darah)

Sehari-hari mereka bergantung pada gandum (oatmeal dan roti gandum), kacang-kacangan, alpukat, dan sayur-sayuran hijau. Selain itu, mereka juga menambahkan ikan dalam dietnya. Salmon adalah salah satunya.

Berdasarkan penelitian, penduduk Loma Linda yang menambahkan salmon pada dietnya terbukti hidup lebih lama dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi sayur-sayuran saja.

Begitu juga dengan penduduk Jepang yang sehari-hari dikenal sering mengonsumsi salmon mentah. Harapan hidup mereka cukup tinggi, yakni 80 tahun.

Tak heran jika kemudian salmon direkomendasikan sebagai salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi. Citra salmon pun melejit sangat tinggi, yang tentu saja berkorelasi dengan harganya.

IKAN KEMBUNG KALAHKAN SALMON

Sebenarnya, yang membuat salmon sangat spesial adalah kandungan omega 3-nya. Itu juga yang selalu digembar-gemborkan sebagai keunggulan ikan yang sebagian besar diimpor dari AS ini.

Omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh ganda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak ada makanan lain yang kandungan omega 3-nya paling baik selain dari ikan.