Find Us On Social Media :

Ada Penjelasan Ilmiah Mengapa Lebaran Kali Ini Kita Harus Maafkan Orang-orang yang Sudah Berbuat Salah pada Kita

By Ade Sulaeman, Selasa, 13 Juni 2017 | 15:45 WIB

Seni Memaafkan Diri dan Orang Lain

Intisari-online.com—Apakah ada orang-orang yang kita nantikan permintaan maafnya karena kesalahannya kepada kita?

Jika ada, tak perlulah repot-repot lagi menunggu. Lebih baik segera memaafkan orang itu.

Mungkin kita sudah banyak mendengar bahwa memaafkan itu menenangkan jiwa, membebaskan kita dari belenggu benci, dan manfaat lainnya.

Namun, saat ini mari kita memandang dari segi pelaku yang bersalah pada kita melalui cerita berikut ini.

(Baca juga: Saatnya Memaafkan, Sekaligus Melupakan, Bukan Malah Gontok-gontokan)

Beberapa dekade lalu, di San Fransisco, seorang ayah melakukan hubungan seksual dengan empat puterinya. Saat dilakukan tes psikologis, ayah itu berkata ia tidak menyesal dan merasa bersalah dengan perilakunya. Ia beralasan bahwa lebih baik dirinya yang bersetubuh dengan anak-anaknya, ketimbang orang lain memanfaatkan puterinya itu.

Bagaimana tanggapan Anda mendengar cerita ini? Kebanyakan orang pasti tidak habis pikir dan marah. Bagaimana pun alasannya, perbuatan sang ayah itu adalah sebuah pelanggaran.

Psychologytoday.com menuliskan, bahwa semakin besar/buruk/memalukan pelanggaran yang dilakukan oleh seseorang, semakin sulit ia untuk berempati dengan pihak yang dirugikan. Semakin juga ia tidak menyesali perbuatannya.

Mereka cenderung menipu dirinya sendiri dengan berkata, “Itu bukan salah saya.”, “Saya hanya tidak dapat menahan diri.”, “Ah itu bukan masalah besar.”. Perkataan tersebut dijadikan cara untuk melindungi diri sendiri dari rasa bersalah.

Akibatnya ia akan balik menyalahkan si korban. Inilah yang disebut dengan pembenaran diri.

(Baca juga: Memaafkan Ibarat Memaku, Ia Mendorongmu Berkembang Jauh Melebihi Ukuranmu)

Dari penjelasan di atas kita bisa memahami betapa besarnya kemampuan manusia untuk menipu dirinya sendiri. Sehingga sulit baginya untuk mengakui kesalahan. Akan selalu ada pembenaran dan pembelaan diri untuk mengatasi rasa malu atau rasa bersalah terhadap orang lain.