Find Us On Social Media :

Dialah Erich Hartman, Pilot Nazi Paling Berjaya Sepanjang Masa yang Pernah Merontokkan 352 Pesawat Musuh

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 11 Juni 2017 | 19:00 WIB

Erich Hartman

Intisari-Online.com - Dalam duel di udara seorang pilot tempur yang berhasil merontokkan pesawat lawan lalu pulang dalam keadaan hidup untuk bisa menceritakan pengalamannya adalah prestasi dan akan menjadi kisah luar biasa.

Tapi seorang pilot tempur yang berhasil merontokkan pesawat lawan dalam jumlah puluhan bahkan ratusan sekaligus dan bisa pulang untuk menceritakan pengalaman hebatnya itu benar-benar lebih dari luar biasa.

(Baca juga: Heroiknya Yamato, Kapal Perang Andalan Jepang Pada Perang Dunia II yang Akhirnya Tenggelam Setelah Digempur 386 Pesawat Tempur!)

Selama Perang Dunia II Nazi Jerman dikenal memiliki pilot-pilot tempur tangguh dan memiliki prestasi luar biasa karena mampu merontokkan puluhan hingga ratusan pesawat musuh.

Ketangguhan pilot-pilot Jerman bahkan berada di atas kemampuan para pilot Sekutu maupun Uni Soviet (Rusia) walaupun dalam dogfight pilot-pilot Jerman kadang-kadang hanya menggunakan pesawat yang teknologinya di bawah kualitas pesawat-pesawat lawannya .

Kendati dalam PD II  Nazi Jerman akhirnya kalah, peringkat ace untuk para pilot Jerman tetap berada di urutan teratas dan nama-nama pilot yang legendaris itu tetap tersohor hingga saat ini.

Salah satu pilot tempur yang paling jago di antara yang terjago, the ace of aces adalah Erich Hartmann.

Pilot muda Luftwaffe yang biasa bertempur dengan “pesawat pembawa kematian” tipe Messerschmitt iu, selama bertarung di udara telah  berhasil merontokkan 352 pesawat musuh.