Find Us On Social Media :

Jangan Langsung Berbangga Hati saat Mendapatkan ‘Hadiah’ yang Lebih Bagus dari Orang Lain

By Ade Sulaeman, Kamis, 8 Juni 2017 | 21:30 WIB

Cangkir emas

Intisari-Online.com – Pada suatu hari dua orang murid mengunjungi Sang Guru di rumahnya. Mereka duduk di kursi sebagaimana seharusnya.

Guru menaruh cangkir emas di depan salah satu muridnya, dan di depan murid yang lain ia menaruh botol beling tua dan telah dibuka.

Baik cangkir dan botol itu penuh dengan air. “Silakan,” kata sang guru.

Murid yang mendapatkan cangkir emas itu meminum air dan dengan rasa syukur membungkuk pada mantan gurunya.

Sementara, murid yang mendapatkan botol tua, menatap sang guru dan bertanya, “Katakan pada saya guruku yang terhormat, apakah Anda memperlakukan mantan murid Anda dengan cara yang berbeda?

“Anda menawarkan salah satu dari mereka untuk minum dari cangkir emas dan untuk yang lain dari botol tua yang telah dibuka? Setelah menghabiskan banyak waktu belajar dari Anda, saya masih belum bisa mengerti siapa yang lebih Anda sukai?”

Sang guru tersenyum dan berkata, “Murid-muridku, cangkir emas ini disimpan di rumahku selama bertahun-tahun. Aku memakainya di hadapan tamu yang paling terhormat. Tidak semua orang diperbolehkan minum dari cangkir itu, karena itu cangkir yang berharga.

“Tapi aku sendiri tidak pernah menggunakan cangkir itu. Setiap hari aku minum dari botol tua favoritku itu yang setia melayani selama bertahun-tahun.

“Botol tua itu sangat berharga untuk hatiku. Aku tahu setiap retakan dan lekukan pada botol itu. Jadi, murid-muridku yang terkasih, bagaimana aku memperlakukan kalian berdua, hanya kalian yang bisa memutuskannya.

“Tapi ingatlah satu hal, di rumah ini aku tidak memiliki perabotan lain, selain cangkir emas dan botol tua itu. Dan pada keduanya, saya hanya menuangkan air.”