Find Us On Social Media :

Pertempuran La Drang Buktikan, Taktik Gerilya ala Soedirman yang Diterapkan Vietnam dan Amerika Sangat Ampuh

By Intisari Online, Jumat, 26 Oktober 2018 | 22:00 WIB

Intisari-Online.com - Dalam Perang Vietnam (1955-1975) pasukan Vietnam Utara (NVA)dan para gerilyawan Viet Cong pernah melakukan serangan gerilya hit and run terhadap pasukan AS dan Vietnam Selatan (ARVN).

Seperti taktik perang gerilya yang pernah dilakukan pasukan RI dalam pertempuran Ambarawa yang berhasil memukul mundur pasukan Sekutu, pasukan Viet Cong dan NVA juga sukes membuat kalang kabut pasukan AS di La Drang.

Namun yang unik pasukan AS juga menerapkan taktik perang gerilya pasukan RI ketika bertempur di Palagan Ambarawa: taktik supit urang.

Baca Juga : Di Tengah Ancaman Perang Nuklir AS-Rusia, NATO Gelar Latihan Perang Terbesar Sejak Berakhirnya Perang Dingin

Taktik tempur pasukan AS di Vietnam dengan cara menerapkan taktik perang gerilya RI sebenarnya tidak mengherankan.

Di Akademi Militer AS West Point, taktik perang gerilya yang telah dibukukan oleh Jenderal AH Nasution dengan judul Pokok-pokok Gerilya (Fundamentals of Guerrilla Warfare) telah dijadikan bahan pelajaran utama.

Pertempurang di La Drang atau Pleiku dipicu oleh serangan hit and run pasukan NVA terhadap kamp Special Force yang berbasis di Plei Me, yang berlokasi 40 km sebelah selatan Pleiku.

Pasukan 3rd Brigade AS dan ARVN yang bermarksa di Pleiku kemudian dikirim untuk menghadapi NVA.

Tapi ketika pasukan ARVN tiba di lokasi, pasukan NVA ternyata telah menghilang dan diperkirakan menyeberang ke Kamboja.

Komandan 3rd Brigade, Kolonel Thomas Brown, lalu memerintahkan satuan intelnya mengendus keberadaan pasukan NVA itu.

Posisi pasukan NVA akhirnya diketahui dan berada Chu Pong Mountain yang berjarak 22 km sebelah utara Plei Me.

Kolonel Brown lalu memerintahkan pasukan dari 1st Battalion (7th cavalry) yang dikomandani Letkol Hal Moore untuk menggempur NVA.

Pasukan 1st Battalion yang dikirim ke medan tempur dengan puluhan helikopter akan mendarat di sejumlah titik Landing Zone , LZ-X Ray, LZ Albany, LZ Columbus, LZ Tango, LZ Yankee, LZ Whiskey, dan LZ Victor, dan didukung oleh tembakan artileri.