Find Us On Social Media :

Larangan Berpergian Dicabut Usai Ayahnya Terbunuh, Putra Jamal Khashoggi Langsung Terbang ke AS, Terancam?

By Intisari Online, Jumat, 26 Oktober 2018 | 07:15 WIB

Intisari-Online.com - Putra tertua dari jurnalis Jamal Khashoggi, Salah, dan keluarganya, telah meninggalkan Arab Saudi dan terbang ke Washington, AS.

Salah dapat meninggalkan kerajaan setelah larangan bepergian yang sempat dijatuhkan kepadanya dicabut oleh pemerintah Arab Saudi.

Demikian disampaikan organisasi pengawas hak asasi menusia, Human Right Watch (HRW).

"Salah dan keluarganya telah terbang menuju Washington DC," kata Sarah Leah Whitson, direktur eksekutif HRW untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Kamis (25/10/2018), mengutip seorang teman keluarga tersebut.

Baca Juga : Dibuat Serapi Mungkin, Pembunuhan Jamal Khashoggi Terbongkar Gara-gara Sepatu yang Lupa Ditukar

Salah memiliki kewarganegaraan ganda AS dan Arab Saudi. Menurut rekan keluarga, anggota keluarga Salah yang lain, termasuk saudara-saudaranya, telah tinggal di AS.

Khashoggi juga pindah ke AS sejak meninggalkan Saudi pada September 2017, karena merasa hidupnya terancam.

"Sungguh tragis bahwa kematiannya (Khashoggi) justru yang membuat otoritas Saudi memberikan mereka kebebasan untuk melakukan perjalanan," kata Randa Slim, direktur resolusi konflik di Institut Timur Tengah, yang mengenal sang jurnalis secara pribadi.

Baca Juga : Dituduh jadi Dalang Pembunuhan, Pangeran Arab Saudi Temui Keluarga Jamal Khashoggi Bersama Raja Sekaligus Ayahnya

Ditambahkan Whitson, pencabutan larangan bepergian untuk Salah dan keluarganya telah memberi kelegaan, namun dia mengingatkan kembali akan banyaknya warga Arab Saudi yang masih menghadapi larangan yang sama.

"Kita harus ingat ada ratusan, bahkan mungkin ribuan, warga Arab Saudi yang masih menghadapi larangan bepergian dan ditahan tanpa keadilan," ujarnya kepada AFP.

Seorang pejabat di Washington mengatakan, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah meningkatkan perlindungan dan keamanan bagi anggota keluarga Khashoggi dengan kepemimpinan Saudi.

Baca Juga : Video Ini Ungkap Petugas Konsulat Arab Saudi Buru-buru Bakar Barang Bukti Usai Habisi Jamal Khashoggi