Find Us On Social Media :

Dongeng Asal-usul Kota Roma: Ketika Dua Anak Kembar Berebut Menjadi Raja

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 23 Oktober 2018 | 20:30 WIB

Intisari-Online.com – Sejarah pendirian kota Roma sebetulnya bermandikan darah. Betapa tidak. Ketika raja Numitor memerintah di Latium, saudaranya, Amulius, sudah mengincar tahta. Amulius bukan cuma merampas tahta, tapi membunuh juga putera tunggal saudaranya.

Numitor masih mempunyai seorang puteri dan puteri ini, Rhea Silva, dipaksa jadi pendeta oleh pamannya. Tapi Amulius tidak tenteram duduk di Singgasananya, karena dikabarkan bahwa Rhea Silva melahirkan putera kembar.

Konon ayah kedua putera ini Dewa Perang, Mars. Pasti setelah dewasa putera-putera  Dewa Perang itu akan datang kepadanya menuntut tahta.

Maka itu Amulius merasa perlu mengambil tindakan. la mnyuruh orang membinasakan Rhea Silva sedangkan seorang hambanya dititahkan membuang kedua anak yang dilahirkan oleh wanita itu kedalam sungai Tiber. Perintah itu dilaksanakan.

Baca Juga : Tanda Jempol ke Atas dan ke Bawah pada Zaman Romawi Kuno yang Bisa Mengirim Gladiator ke 'Neraka'

Dipelihara srigala

Tapi air sungai itu meluap dan ketika surut kembali ternyata kedua anak itu ada ditanah kering dikaki bukit Palatin. Karena sangat lapar, mereka menangis keras-keras. Ketika itu kebetulan seekor srigala betina pergi ketepi sungai untuk minum.

Mendengar suara kedua anak manusia itu ia datang menghampiri. Barangkali dikiranya anak srigala juga sehingga disusui dan dibawa ke guanya.

Beberapa waktu kemudian, kedua anak itu ditemukan oleh seorang gembala biri-biri, Faustulus. Ia menghalau srigala betina itu dan membawa kedua anak itu pulang. Isteri Faustulus merawat keduanya dan mereka dinamai Romulus dan Remus.

Faustulus mengetahui sejarah kedua anak itu, sehingga ketika keduanya dewasa ia memberitahukan bahwa mereka bukan anaknya, melainkan cucu Numitor, raja yang sah.  Dengan ditemani oleh ayah angkatnya Romulus dan Remus mendatangi Amulius dan membinasakannya. Numitorpun dipulihkan kekuasaannya.

 Baca Juga : Romulus dan Remus, 'Anak-anak' Serigala yang Membangun Keganasan Romawi

Sesudah itu Romulus dan Remus mengambil keputusan untuk mendirikan kerajaan sendiri dan mendirikan sebuah kota dekat tempat mereka dilemparkan ke air. Tapi apakah nama yang harus diberikan kepada kota itu?

Menurut kebiasaan tentu nama saudara yang tertua yang dipakai, tapi mereka bersaudara kembar!