Find Us On Social Media :

Letizia, Sang Ibunda Napoleon Bonaparte yang Ogah Tinggal di Istana

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 5 Oktober 2018 | 16:00 WIB

Intisari-Online.com – Namanya jarang disebut orang, padahal dialah perempuan yang melahirkan Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte (1769 - 1821).

Kecintaannya pada keluarga membuat Letizia Bonaparte rela hidup sederhana di tengah gelimang takhta dan harta.

Mari kita simak tulisan Ida Sundari Husen, Letizia Sang Pelindung Bonaparte, seperti yang dimuat di Majalah Intisari edisi April 2009.

--

Baca Juga : Sunda Megathrust, Ancaman Besar Bagi Jakarta, Bisa Timbulkan Gempa Hingga 9 SR

Perubahan Prancis dari Republik menjadi kekaisaran juga tidak menyenangkan hati Letizia. la takut jiwa putranya terancam.

Golongan republik yang fanatik pasti tidak menyukai perubahan itu, demikian juga kerajaan-kerajaan Eropa lainnya yang menentang dinasti baru.

Letizia, meski dinobatkan sebagai Madame Mere alias ‘Ibunda Kaisar', menolak hadir dalam upacara agung yang diselenggarakan di katedral Notre-Dame de Paris yang.

Ia terutama enggan menyaksikan pemasangan mahkota permaisuri di kepala Josephine.

Baca Juga : Napoleon: Memamerkan Kemegahan dan Kemewahan Termasuk Kewajiban Seorang Raja

Sial buat Letizia, dalam lukisan resmi penobatan Kaisar Napoleon, Madame Mere kelihatan hadir, konon hasil rekayasa pelukis.

Gantinya, Letizia sengaja melancongkan diri menengok Lucien di Roma, dan menjenguk Pauline yang telah menikah lagi dengan Prince Borghese, setelah suami pertamanya, Jenderal Lecierc, meninggal di Saint-Domingue.

Perjalanan itu menghibur hati Letizia, apalagi di Roma Paus menyambutnya dengan penuh penghormatan.