Find Us On Social Media :

Kisah Letizia, Ibu Sekaligus Pelindung Napoleon Bonaparte yang Legendaris

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 6 Oktober 2018 | 22:00 WIB

Intisari-Online.com – Namanya jarang disebut orang, padahal dialah perempuan yang melahirkan Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte (1769 - 1821). Kecintaannya pada keluarga membuat Letizia Bonaparte rela hidup sederhana di tengah gelimang takhta dan harta.

Mari kita simak tulisan Ida Sundari Husen, Letizia Sang Pelindung Bonaparte, seperti yang dimuat di Majalah Intisari edisi April 2009.

--

Seandainya "File de beaute" alias 'pulau keindahan' Korsika tidak dibeli oleh Louis XV dari Republik Genoa pada Mei 1768, mungkin keluarga besar Bonaparte tidak akan pernah hijrah ke Prancis.

Jalannya sejarah Prancis pun akan berbeda sebab anak-anak Maria Letizia Ramolino yang berasal dari keluarga bersahaja itu tidak akan punya kesempatan menjadi orang nomor satu di Prancis.

Baca Juga : Napoleon: Memamerkan Kemegahan dan Kemewahan Termasuk Kewajiban Seorang Raja

"Dongeng" berawal di Ajaccio, Korsika, pada 1750, saat Maria Letizia Ramolino dilahirkan. Keluarganya yang asal Italia sudah lama menetap di pulau kecil itu. Di usia teramat muda, 14 tahun, Letizia yang jelita dipersunting oleh Charles Bonaparte yang ganteng dan empat tahun lebih tua.

Begitu si cantik dan si ganteng itu menyatu, mereka langsung menjadi salah satu pasangan terpopuler di Ajaccio.

GERILYA HAMIL TUA

Letizia langsung disibukkan urusan bikin dan merawat anak, sementara Charles membantu para pejuang Korsika yang ingin membebaskan diri dari Genoa.

Baca Juga : Ternyata Letusan Tambora-lah yang Menyebabkan Kekalahan Napoleon Bonaparte

Para pejuang itu berang sebab tanpa setahu mereka, Korsika dipindah tangan ke Kerajaan Prancis. Dipimpin Pasquale Paoli, mereka mencoba mengusir tentara Prancis yang datang ke Korsika.

Namun, 22 ribu tentara yang dikirim Raja Louis XV terlalu kuat untuk dihalau. Para pejuang kocar-kacir, sebagian mengungsi ke gunung, termasuk Charles Bonaparte dan istrinya yang sedang hamil tua.