Find Us On Social Media :

Mobil Tak Diperbolehkan Masuk Sejak 1999, Kota Ini Justru Dianggap 'Surga' oleh Penduduknya

By Masrurroh Ummu Kulsum, Kamis, 4 Oktober 2018 | 15:15 WIB

Intisari-Online.com – Rasanya seperti tak mungkin ada suatu kota di dunia ini yang melarang mobil melintas di jalan-jalan kotanya.

Kalau Anda berpikir demikian, datanglah ke Kota Pontevedra di Spanyol, ada area di kota tersebut yang bebas dari mobil sehari-harinya.

Sejak tahun 1999, Pontevedra telah mlarang mobil di kotanya dan sampai saat ini berhasil.

Dikutip dari The Guardian, adalah Walikotanya, Miguel Anxo Fernandez Lore yang menggagas hal tersebut.

Baca Juga : Kamagasaki, Kota Paling Kumuh di Jepang yang Sengaja Dihilangkan dari Peta agar Tak Dikunjungi

“Sebelum saya menjadi walikota, 14.000 mobil melewati jalan ini setiap hari. Lebih banyak mobil melewati kota dalam sehari daripada ada orang yang tinggal di sini," ujarnya.

Sejak tahun 1999 hingga kini, Lores menjabat sebagai walikota.

Filosofinya sederhana, "Memiliki mobil tidak memberikan hak bagi Anda untuk menempati ruang publik."

Sikap serupa pun ditunjukkan oleh Cesar Mosquera, Kepala Infrastruktur di Pontevedra.

"Bagaimana mungkin orang tua atau anak-anak tidak dapat menggunakan jalan karena mobil?" tanyanya, "Bagaimana bisa itu milik pribadi, mobil menempati ruang publik?"

Lores menjadi walikota setelah 12 tahun menjadi posisi, dan dalam waktu satu bulan ia telah melakukan pedestrianisasi 300.000 meter persegi daerah pusat abad pertengahan – membuka jalan dengan batu granit.

Lores melihat daerah pusat sejarah tersebut telah mati, penuh dengan mobil, tercemar, serta ditambah banyaknya kecelakaan lalu lintas.

Lores awalnya berpikir utuk menata kembali lalu lintas tetapi rencananya tidak bisa diterapkan, dan sebagai gantinya ia berpikir untuk mengambil kembali ruang publik dengan menyingkirkan mobil-mobil.