Find Us On Social Media :

Polemik Iklan Jokowi di Bioskop, Segini Tarif Pasang Iklan di Bioskop, Sebulan Capai Puluhan Juta!

By Aulia Dian Permata, Kamis, 13 September 2018 | 16:45 WIB

Intisari-Online.com - Video iklan yang dipublikasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui layar bioskop di sejumlah teater di Indonesia menuai banyak kritikan.

Video itu mengusung judul "2 Musim, 65 Bendungan" yang menampilkan proses pembuatan bendungan di berbagai daerah di Indonesia.

Selain menampilkan proses pembangunan, video itu juga menampilkan seorang petani yang memberi testimoni tentang keberadaan bendungan dan saluran irigasi.

Video juga ditutup dengan cuplikan pernyataan Jokowi terkait program pembangunan bendungan dan sebuah kalimat "Membangun bendungan akan menjamin produksi pangan kita di masa depan, karena kunci ketahanan pangan adalah ketersediaan air".

Baca Juga : (Foto) Inilah 15 Iklan Zaman Dulu yang Unik dan Lucu, Termasuk Iklan Botol Cebok dan Jamu Habis Beranak

Sebelum ditayangkan di bioskop jelang film diputar (pada slot iklan), video ini telah diunggah di akun Youtube Presiden Joko Widodo pada 23 Juli 2018.

Iklan ini telah ditayangkan di jaringan bioskop XXI sejak dua bulan terakhir ini.

Pasalnya, iklan ini menuai kontra dari warganet yang mengira itu adalah iklan kampanye terselubung.

Hal ini dibantah oleh Kominfo melalui Plt Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu.

Baca Juga : F-35, Jet Tempur Paling Mematikan di Muka Bumi yang Kini Miliki Sistem Keamanan Paling Tangguh!

"Iklan ini kami (Kominfo) yang membayar dan bukan kampanye. Ini tugas kami, menyampaikan pekerjaan pemerintah. Sekaligus juga bisa menyasar generasi muda agar informasi ini tersebar luas," kata Ferdinandus.

Terlepas dari polemik ini, rupanya beriklan di bioskop khususnya di jaringan layar Cinema XXI juga perlu biaya yang sangat besar.

Dilansir dari situs briklan.com oleh jaringan promosi Adelva Solusindo yang spesialis menangani klien iklan di bioskop, tarif pasang iklan di layar XXI cukup mahal.