Find Us On Social Media :

Presiden Donald Trump Sangat Gembira Mendapat Surat dari Kim Jong-un, Memang Apa Isinya?

By Adrie Saputra, Selasa, 11 September 2018 | 17:00 WIB

Intisari-Online.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja menerima surat "sangat positif" dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Isi surat itu seperti dilaporkan AsiaOne, Kim Jong-un ingin melakukan pertemuan lanjutan setelah pertemuan bersejarah mereka di Singapura.

"Itu adalah surat yang sangat hangat, sangat positif," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders.

Ia juga menambahkan bahwa pesan itu menunjukkan "komitmen berkelanjutan untuk fokus pada denuklirisasi" Pyongyang di Semenanjung Korea.

"Tujuan utama surat itu adalah untuk menjadwalkan pertemuan lanjutan dengan presiden, kami terbuka dan sudah dalam proses koordinasi," katanya pada konferensi pers di Gedung Putih.

Sanders menambahkan bahwa surat itu adalah "bukti kemajuan" dalam hubungan Washington dengan Pyongyang.

Baca Juga : Siti Aisyah Terdakwa Pembunuh Kim Jong Nam Menangis Saat Mendengar Putusan Hakim

Trump dan Kim mengadakan pertemuan bersejarah di Singapura pada bulan Juni yang meningkatkan prospek terobosan untuk membatasi program nuklir Korea Utara.

Meskipun Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, membatalkan rencana perjalanan ke Utara akhir bulan lalu, surat baru itu menunjukkan tanda-tanda bahwa diskusi tetap hidup setelah beberapa minggu mengalami kebuntuan.

"Kami pikir ini penting dan kami senang ada kemajuan," kata Sanders.

"Pada akhirnya itu akan selalu menjadi yang terbaik ketika Anda dapat memiliki dua pemimpin duduk bersama," tambahnya.

Baca Juga : Giliran Filipina Alami Inflasi Tertinggi, Duterte Salahkan Trump

Gedung Putih telah menunjukkan serangkaian pencapaian dalam beberapa bulan terakhir, termasuk pembebasan sandera AS, repatriasi perang tetap diyakini anggota layanan AS dan jeda dalam uji coba rudal dan nuklir Korea Utara, untuk menyarankan kemajuan antara musuh-musuh.