Find Us On Social Media :

Dengan Berpuasa, Meraih Pahala Sekaligus Sehatkan Raga

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 4 Juni 2017 | 18:30 WIB

Puasa, Energi Positif Bagi Lahir Batin

Intisari-Online.com – “Berpuasalah, niscaya kalian sehat!" Nyaris setiap hari kita bisa mendengar hadis tadi dikutip orang, di beragam tempat, mimbar, maupun seminar, khususnya di bulan Ramadan.

"Puasa memang punya banyak manfaat buat kesehatan,” dukung dr. Titi Sekarindah. MS, Sp.GK, ahli gizi klinis pada Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta.

(Baca juga: Tidak Perlu Jauh-jauh ke Kalimantan Bila Ingin Berbuka Puasa dengan Soto Banjar, di Jakarta pun Ada)

Jika hadis dan dokter sudah saling menguatkan, mestinya tak ada lagi yang perlu diragukan.

Meski diyakini, manfaat puasa akan lebih terasa, jika anjuran-anjuran hadis dan dokter itu dipraktikkan bareng sepanjang Ramadan. Hasilnya dahsyat, man!

Kontrol gula darah

Manfaat pertama puasa, jelas Titi Sekarindah, memberi kesempatan kepada organ cerna untuk beristirahat sejenak. Pada mereka yang punya hobi makan dan ngemil, organ cerna umumnya bekerja terus, kecuali saat tidur.

Dengan puasa, organ ini mendapat jatah istirahat tambahan sekitar 12-14 jam tiap hari selama sebulan.

Manfaat kedua, puasa juga mengaktifkan mekanisrae kontrol gula darah. Pada siang hari, kadar gula darah menurun karena tak ada pasokan dari makanan.

Namun, kondisi itu tidak berbahaya, karena tubuh sudah dilengkapi dengan mekanisme kontrol. Begitu kadar gula turun, tubuh akan membongkar lumbung glikogen di organ hati yang akan dilepas ke dalam darah sebagai glukosa.

Berpuasa mengaktifkan mekanisme kontrol gula, sehingga risiko terserang diabetes mellitus atau kencing manis ikut berkurang.

Manfaat ketiga, puasa memberi kesempatan untuk menurunkan berat badan. Manfaat ini terutama diperlukan oleh mereka yang punya masalah kegemukan.