Find Us On Social Media :

Suka Atau Tidak Pasukan Payung Nazi Jerman Tetap yang Terhebat Hingga Saat Ini

By Ade Sulaeman, Rabu, 31 Mei 2017 | 11:00 WIB

Pasukan payung Nazi Jerman

Intisari-Online.com - Salah satu unit pasukan Nazi Jerman yang paling populer dan memiliki kemampuan spektakuler adalah pasukan payung (Fallschrimjager).

Dari sejarahnya Fallschrimjager merupakan pasukan tempur yang kisah dan sejarahnya masih populer hingga saat ini.

(Baca juga: Perang Udara di Langit Inggris, Penentu Runtuhnya Kedigdayaan Nazi di Daratan Eropa)

Kendati merupakan pasukan yang dibentuk oleh Nazi yang berpaham fasis kemampuan dan ketrampilan pasukan elit itu menjadi masukan positif bagi pasukan elit dunia yang terus dikembangkan.

Hingga lebih 60 tahun setelah PD II berakhir meskipun ideologi Nazi dan kekuatan militernya berhasil dilumpuhkan, kekaguman dunia terhadap sepak terjang pasukan elit Nazi terus berlangsung.

Kemampuan tempur pasukan Nazi seperti Fallschirmjager bahkan menjadi acuan bagi pasukan payung modern dalam mengembangkan ketrampilannya.

Salah satu kemampuan tempur Fallschirmjager adalah ketika sukses merebut benteng pertahanan Belgia yang dipertahankan sangat kuat, Fort Eben Emael.

Selain bertujuan menguasai Fort Eben Emael serangan pasukan Fallschrimjager juga bertujuan menguasai tiga jembatan strategis yang menjadi pintu masuk menuju Belgia.

(Baca juga" Peringati Hari Kemenangan Atas Nazi, Rusia Malah Pamerkan Rudal Nuklir untuk Ancam AS)

Serangan diam-diam yang dilaksanakan dari udara dan berlangsung pada bulan Mei 1940 itu merupakan serangan paling spektakuler dalam sejarah pasukan payung .

Pasalnya serangan itu melibatkan pasukan yang didaratkan menggunakan pesawat glider dan sekaligus pasukan payung.

Penggunaan glider yang merupakan pesawat tanpa mesin bertujuan agar sistem peringatan udara Belgia yang mengandalkan asal suara pesawat bisa dikecoh.