Find Us On Social Media :

Rakus Gunakan Energi, China Kembangkan PLTS Mengambang Terbesar di Dunia

By Agus Surono, Rabu, 24 Mei 2017 | 16:40 WIB

PLTS terapung terbesar di dunia.

Intisari-Online.com - Dengan pertumbuhan ekonomi yang berkisar di angka 6 persen dan jumlah penduduk yang terbanyak di dunia, China tentu memerlukan energi yang besar.

Untuk itu, China bisa dibilang rakus terhadap energi. Namun karena masih banyak menggunakan sumber energi fosil, maka polusi membayangi derap langkah kemajuan China.

(Baca juga: Denmark Ubah Ribuan Ton Sampah Inggris Menjadi Sumber Energi Pemanas Rumah)

Tak heran jika China pun dicerca habis-habisan dalam hal catatan emisi karbonnya.

Sadar akan hal itu, China pun mulai berpaling ke energi yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah tenaga surya yang melimpah.

Belum lama ini China telah menyelesaikan proyek Pembangkit Tenaga Listrik Surya mengapungnya yang terbesar di dunia dan sudah tersambung ke jaringan listrik lokal.

Pencapaian Pemerintah China ini patut diacungi jempol. China berupaya untuk menjadi pemimpin di dunia dalam pengadopsian energi terbarukan.

(Baca juga: Mahasiswa UGM Ubah Limbah Ampas Tebu Jadi Sumber Energi Alternatif)

Terletak di kota Huainan di Provinsi Anhui, PLTS berkapasitas 40 megawatt ini diciptakan oleh produsen inverter photovoltaic (PV) Sungrow Power Supply Co.

PLTS mengambang ini dibangun di atas bekas wilayah pertambangan batubara yang kebanjiran. Sebuah solusi yang cerdas dan ramah lingkungan.

PLTS mengambang menjadi semakin populer di seluruh dunia berkaitan dengan masalah efisiensi dan perencanaan kota.

Dengan pola mengambang, maka tidak diperlukan lahan darat yang bisa dimanfaakan untuk kepentingan lain. Selain itu juga mengurangi penguapan air.