Find Us On Social Media :

Ingat, Harga Diri Bisa Menumbuhkan Segalanya! Nah, Begini Lima Kiat Memupuknya

By Ade Sulaeman, Selasa, 16 Mei 2017 | 17:40 WIB

Kiat meningkatkan harga diri.

Intisari-Online.com – Menurut para psikolog, faktor utama keberhasilan seseorang meyangkut harga dirinya—kombinasi rasa percaya diri dan rasa hormat diri. Semua itu akan memperkuat diri seseorang untuk terus maju.

Judith Briles, Ph.D., penulis How Self-esteem Can Change Your Life, mengatakan harga diri bisa menumbuhkan segalanya. Harga diri bisa mempengaruhi hubungan kita dengan pasangan hidup, dengan teman, dan juga kemampuan kita menjadi orang tua.

(Baca juga: Perempuan Bertato Memiliki Harga Diri Lebih Tinggi Dibanding yang Tidak?)

Nah, masalahnya, bagaimana cara kita untuk meningkatkan dan memperkuat harga diri? Begini jurusnya:

1. Berusaha semaksimal mungkin

Banyak orang yang mengecilkan dirinya. Yang diperhatikan malah kekurangan-kekurangannya. Padahal, langka pertama untuk memperkuat harga diri adalah berhenti berkeluh kesah tentang diri.

Sebaliknya, kita harus memanfaatkan potensi yang kita miliki. Seorang wanita muda berusia 29 yang berhasil leb ih cepat dipromosikan dibandingkan dengan rekan-rekannya berkata begini:

“Daripada saya terus mencaci maki soal keterbatasan kemampuan saya, lebih baik saya berusaha memaksimalkan kekuatan saya dan meminimalkan kelemahan saya.”

2. Berani ambil risiko

Tak ada yang lebih baik daripada menerima tantangan baru dan mengatasinya. Cobalah laksanakan rencana yang sudah lama Anda tunda-tunda.

Misal, kembali ke bangku kuliah yang sejak dulu Anda cita-citakan. Atau bagi yang berbakat menyanyi, mengikuti kursus menyanyi.

(Baca juga: Cara Cantik Tebar Pesona Tanpa Mengorbankan Harga Diri)