Find Us On Social Media :

Dilarang di Banyak Negara, Ganja Malah Menambah Daftar Manfaat Dahsyatnya Bagi Kesehatan

By Agus Surono, Rabu, 10 Mei 2017 | 19:15 WIB

Ganja Tidak Selalu Menenangkan

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mariyuana dapat membantu melindungi otak dari efek penuaan.

Penelitian di Jerman pada tikus yang dipublikasikan di jurnal Nature Medicine itu menemukan bahwa dosis tetrahydrocannabinol (THC) yang rendah dan teratur, bahan psikoaktif yang ditemukan dalam ganja, dapat membantu agar otak kita tidak melambat saat kita bertambah tua.

(Baca juga: Iwa K Ditangkap Bawa Ganja, 3 Artis Tenar Ini Justru Pakai Ganja untuk Kesehatan)

Untuk penelitian ini, peneliti dari Universitas Bonn dan Hebrew memberikan THC pada tikus setiap hari selama satu bulan, satu tahun, dan 18 bulan. Lalu mereka mempelajari efeknya.

Pertama kali para ilmuwan menguji tikus pada kemampuan mereka untuk mengenali benda-benda yang familiar dan memandu labirin air tanpa pengaruh THC. Hasilnya, tikus muda tak mengalami masalah, sementara tikus tua harus berjuang lebih terdahulu.

(Baca juga: Duh! Ada Ladang Ganja Senilai Rp16 Triliun dalam Sebuah Bunker Bawah Tanah)

Begitu mereka diberi THC, tikus yang lebih muda memiliki penurunan kinerja, namun tikus yang lebih tua menunjukkan perbaikan yang berlangsung selama berminggu-minggu sesudahnya.

Peneliti mengatakan bahwa THC pada tikus yang lebih tua dapat merangsang sistem endocannabinoid otak, sekelompok reseptor sistem otak dan saraf yang menjadi kurang aktif seiring bertambahnya usia.

Masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa hasil penelitian itu berdampak sama pada manusia. Namun The Guardian melaporkan bahwa para ilmuwan berencana untuk memulai uji coba klinis pada manusia akhir tahun 2017 ini.

"Jika kita bisa meremajakan otak – katakanlah lima sampai 10 tahun - tanpa memerlukan perawatan ekstra, itu sudah lebih dari yang bisa kita bayangkan," kata kolega penelitian Andras Bilkei-Gorzo.

Norbert E. Kaminski, PhD, direktur Institut Toksikologi Integratif di Michigan State University, mengatakan kepada Yahoo Beauty bahwa walaupun terlalu cepat untuk menarik kesimpulan dari penelitian ini, mungkin ada sesuatu untuk itu.

"Jika dosis rendah THC bisa mencegah penurunan fungsi kognitif pada lansia, ini bisa bermanfaat," kata Kaminski.