Find Us On Social Media :

Kadang Kita Kalah Bukan Karena Orang Lain Terlalu Hebat, Tapi Karena Kita Terlalu Rendah Diri

By Ade Sulaeman, Rabu, 3 Mei 2017 | 14:00 WIB

Rendah diri

Intisari-Online.com—Kepercayaan diri berarti keyakinan seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri. Di dalam kepercayaan diri juga terdapat penerimaan akan diri sendiri sebagaimana adanya.

(Baca juga: Mengapa Harus Membandingkan Diri dengan Orang Lain dan Mengapa Merasa Rendah Diri?)

Sebaliknya, rendah diri merupakan ketidakmampuan seseorang dalam menerima dirinya sendiri. Akibatnya ia selalu kalah sebelum berjuang dan sulit menerima keadaan dirinya sendiri.

Apakah di sekitar Anda ada orang yang rendah diri? Atau Anda sendiri bahkan mengalaminya? Dilansir dari lifehack.com berikut ciri-ciri yang menandakan seseorang rendah diri:

1. Sibuk mengecek ponsel saat tidak ada teman di dalam situasi sosial

Orang yang rendah diri merasa tidak nyaman dalam sebuah situasi sosial ketika tidak ada teman dekat atau orang yang dikenalnya di situ. Akibatnya ia akan sibuk mengecek/bermain ponsel untuk menghilangkan kegugupannya.

2. Memilih mundur saat beradu argumentasi

Orang rendah diri berpikir untuk cari aman dari pada harus menghadapi konflik. Karena itu ia akan membiarkan dirinya kalah dalam adu argumentasi, asalkan tidak timbul konflik. Akibatnya gagasannya dan kualitas dirinya tidak pernah kelihatan.

(Baca juga: Kisah Bunga Putih yang Merasa Rendah Diri)

3. Tak berani keluar rumah tanpa make up

Perempuan yang rendah diri biasanya berupaya meningkatkan kepercayaan dirinya melalui make up. Ia merasa cantik hanya jika menggunaan make up.

4. Baper terhadap kritikan orang lain