Find Us On Social Media :

Bukan Konvoi dan Corat-coret Seragam, Siswa SMA di Yogya Rayakan Kelulusan dengan Bagikan Nasi Kotak

By Ade Sulaeman, Rabu, 3 Mei 2017 | 10:00 WIB

Salah satu siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta saat membagikan nasi kotak kepada salah satu tukang parkir di jalan Mataram Kota Yogyakarta

Intisari-Online.com - Para siswa dari berbagai SMA di Yogyakarta membagikan nasi kotak dan susu kedelai kepada masyarakat.

Aksi ini dilakukan para siswa dalam rangka ucapan syukur atas kelulusan mereka.

(Baca juga: Inilah Rincian Biaya Kuliah Mahasiswa Baru 2017 di ITB, UPI, dan Unpad)

Secara serentak mulai pukul 10.00 WIB, para siswa dari berbagai SMA di Yogyakarta yang tergabung dalam Student Care and Share mulai melakukan kegiatan membagikan nasi kotak dan susu kedelai di berbagai lokasi.

Mereka membagikannya di beberapa tempat sesuai dengan wilayah yang sudah disepakati. Sasaran mereka, baik seperti tukang parkir, loper koran hingga penarik becak.

"Kegiatan membagikan nasi kotak dan susu kedelai kepada masyarakat ini sebagai ungkapan rasa syukur atas pengumuman kelulusan kami," ujar Yusuf Iqbal, pelajar kelas 3 SMA 2 Yogyakarta, Selasa (02/05/2017).

(Baca juga: 10 Hacker Paling Berbahaya Sepanjang Masa, Nomor 6 Masih Siswa SMA)

Dijelaskannya, uang yang digunakan untuk membeli nasi kotak dan susu kedelai adalah hasil dari iuran sukarela para siswa kelas 3 yang tergabung dalam Student Care and Share. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi kebahagian dengan sesama.

"Dari pada konvoi dan corat-coret seragam, lebih berguna dan bermanfaat bagi masyarakat ketika melakukan kegiatan seperti ini. Di Tugu Yogyakarta, kita bagikan sekitar 250 nasi kotak dan 500 bungkus susu kedelai," tandasnya.

Sementara itu, Assyafa'ul Basith, siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Yogyakarta mengatakan, kegiatan membagikan nasi kotak kepada masyarakat sebagai ucapan rasa syukur atas kelulusan sudah dilakukan sejak dahulu. Bahkan sudah menjadi tradisi.

"Sudah lama, ya sudah menjadi tradisi istilahnya. Merayakan kelulusan yang bermanfaat bagi sesama, sekaligus ucapan syukur," urainya.

Menurutnya, kegiatan membagikan nasi kotak ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Yogyakarta. Setiap siswa dibagi dalam kelompok dan membagikan nas kotak di sekitar wilayah SMA Negeri 3 Yogyakarta.

"Semua ada sekitar 200-an nasi kotak. Uangnya iuran siswa dan ditambah dari sekolah," pungkasnya.

(Wijaya Kusuma)

 Artikel ini sudah dimuat di kompas.com dengan judul "Rayakan Kelulusan, Siswa SMA di Yogyakarta Bagi-bagi Nasi Kotak"