Find Us On Social Media :

Belajar Anatomi Langsung dari Museum Tubuh Bagong Adventure Malang, Anak-anak Juga Bisa Belajar Dunia Kedokteran

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 30 April 2017 | 11:40 WIB

Museum Tubuh Bagong

Intisari-Online.com – Bagi orangtua yang ingin mempekenalkan organ-organ tubuh manusia tanpa bersusah payah menjelaskannya, datang saja ke Museum Tubuh Bagong Adventure di Malang.

Seperti yang dilakukan oleh Siska, ibu muda asal Surabaya. Saya bertemu dengannya ketika ia meminta tolong mengambilkan foto dia dan anaknya yang sedang pura-pura berprofesi menjadi dokter gigi.

Selain mengenalkan organ dalam tubuh kita, ada beberapa stand yang memberikan kesempatan anak-anak untuk berprofesi di dunia kedokteran.

(Baca juga: Mewah di Bagian Depan, Biasa di Bagian Belakang, Orang-orang Menyebutnya Rumah Abu Nawas)

Museum yang berlokasi di Batu, Malang, ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan merupakan museum tubuh manusia pertama di Indonesia dan terbesar di kawasan Asia saat ini.

Lokasinya terletak satu kawasan dengan Jawa Timur Park 1 yang mirip dengan Dunia Fantasi Ancol, Jakarta. Makanya, ditawarkan kartu terusan bagi yang ingin menyambangi kedua objek wisata ini dengan harga yang bersahabat.

Museum Tubuh Bagong Batu sendiri memiliki gedung yang berbentuk relief tubuh manusia dengan karakter Bagong.

Ada enam lantai di dalamnya dengan 13 zona yang tersebar di keenam lantai itu.

Mulai dari zona Zona Otak, Gigi, Mata, Telinga, Mulut, Hidung, Tulang, Jantung, Hati, Paru-paru, Usus besar, Usus Halus, Lambung, Pembuluh Darah, dan beberapa zona-zona bagian tubuh lainnya.

Setelah membeli tiket dan melewati pintu palang, kita akan diantar oleh petugas menyusuri setiap zona, dimulai dari gigi.

Tak masalah kita datang sendiri atau berombongan, di setiap zona petugas akan setia menjelaskan apa saja yang perlu diketahui berkaitan dengan zona tersebut.

Jika sendiri tentu lebih leluasa untuk bertanya-tanya.