Find Us On Social Media :

Studi: Ketagihan Menggunakan Smartphone Dapat Merusak Hubungan, Ada yang Pernah Mengalaminya?

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 29 April 2017 | 20:00 WIB

Kecanduan smartphone bisa merusak hubungan

Intisari-Online.com – Kecanduan menggunakan smartphone ternyata bisa menyebabkan dampak yang tidak baik terhadap hubungan dengan pasangan.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang diterbitkan di American Psychology Association oleh para peneliti dari University of Arizona, AS.

Para peneliti melakukan survei kepada orang-orang mengenai kebiasaan penggunaan smartphone dari pasangan mereka.

(Baca juga: Begini Tips Mengurangi Kecanduan Media Sosial)

Peneliti tersebut menemukan bahwa mereka yang memiliki pasangan yang kecanduan smartphone merasa kurang senang dengan hubungan mereka.

Dihimpun dari Menshealth.com, Matthew Lapierre, Ph.D., penulis studi ini, mengatakan bahwa kita cenderung mudah kecanduan smartphone. Hal ini biasanya, smartphone bisa meredakan rasa kesepian, mengatasi rasa bosan, dan membuat kita tidak ketinggalan informasi terbaru.

Penelitian ini juga menuliskan bahwa menggunakan smartphone setiap saat akan mengisolasi kita dari pasangan kita, dan hal ini membuat pasangan kita merasa harus bersaing untuk mendapatkan perhatian dari kita.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah kita sudah kecanduan dengan smartphone?

(Baca juga: Hati-hati, Sayuran dan Buah Ini Tak Boleh Disimpan dalam Kulkas)

Menurut Lapierre, tanda-tandanya adalah kita tetap bermain dengan smartphone, meskipun kita tahu bahwa seharusnya kita menaruh smartphone kita terlebih dahulu.

Seperti saat kita sedang mengemudi, makan bersama keluarga, atau bahkan ketika sedang berhubungan seks dengan pasangan.

Tanda-tanda lainnya, menurut Dr. Hallowell, M.D., seorang psikiater dan penulis buku Delivered From Distraction, adalah jika kita merasa panik atau bersungut-sungut, saat baterai smartphone habis, atau ketika kita lupa membawa smartphone.