Find Us On Social Media :

AS Berlakukan Tarif Impor, Ini 5 Negara yang Paling Berdampak, Indonesia Masuk?

By Intisari Online, Selasa, 21 Agustus 2018 | 10:15 WIB

Intisari-Online.com – Kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memberlakukan tarif impor kepada para mitra dagangnya mengakibatkan gucangan di pasar global.

Negara-negara dengan ekonomi berkembang seperti Turki dan China pun harus membayar ongkos yang lebih mahal untuk bisa mengekspor produk mereka ke AS.

Tak hanya itu, Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, pun memasang tingkat bunga yang besarnya empat kali lipat dalam waktu dua tahun belakangan.

Negara-negara dengan utang dollar AS yang cukup besar untuk membiayai pertumbuhan atau pembangunan pun harus membayar harga yang lebih mahal untuk bunga.

Baca juga: Resmi! Fatwa MUI untuk Vaksin MR: Mengandung Babi Tapi Boleh Digunakan, Ini Alasannya

Salah satu yang terkena dampak Trump ini adalah Argentina sehingga negara asal pesepak bola Lionel Messi ini pun harus meminta pertolongan kepada Dana Moneter Internasioal (IMF).

Berikut ini beberapa negara lain yang paling terkena dampak kebijakan tarif AS:

1. Turki

Penangkapan Andrew Brunson, pendeta AS yang berbasis di wiliaha Izmir Turki, menyulut Trump dan menyebabkan kedua negara terlibat dalam aksi saling balas dalam perdagangan.

Trump menuduh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melanggar hak asasi manusia.

Namun, bukannya melakukan pendeaktan secara diplomatik, pihaknya menerapkan tarif impor yang lebih tinggi terhadap produk ekspor Tukri berupa baja, aluminium, serta mobil.

Erdogan pun membalas dengan mengenakan bea impor yang lebih besar untuk produk alkohol, mobil, serta tembakau asal AS.

2. India