Find Us On Social Media :

Kisah Dickey Chapelle, Koresponden Wanita Perang Pertama AS yang Terbunuh

By Mentari DP, Senin, 20 Agustus 2018 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com – Pernahkah Anda mendengar nama Dickey Chapelle?

Dickey Chapelle adalah seorang koresponden wanita perang pertama yang berasal dari Amerika Serikat.

Sebelum kematiannya pada tahun 1965, Dickey Chapelle mempublikasikan berbagai foto-fotonya di beberapa majalah seperti National Geographic, Life dan Reader’s Digest.

Ia bahkan menuliskan ceritanya.

Baca juga: Bukan Idul Fitri, Tradisi Mudik Orang Madura Perantauan Justru pada Idul Adha

Pada tanggal 3 Maret 1945 di Iwo Jima, saya memanjat punggung bukit yang menghadap ke depan apa yang menjadi salah satu pertempuran paling sengit sejauh ini.”

“Saya berdiri tegak, menanamkan kaki saya dengan kuat dan mengangkat kamera.”

“Tapi tiba-tiba, tiga tank yang cukup jauh bergerak lalu meledakan sesuatu yang suara ledakannya mencapai telinga saya.”

“Saya tidak tahu apa yang terjadi.”

“Satu-satunya hal saya dengar hanyalah suara napas saya, beberapa suara seperti tawon, dan bunyi sepatu bot saya di kerikil. Di mana semua orang? Tanya saya.”

Ketika saya kembali ke daerah kekuasan perwira AS, akhirnya saya tahu bahwa suara tawon yang saya dengar adalah peluru penembak jitu yang melesat.

Itu adalah salah satu pelajaran pertama Chapelle sebagai koresponden perang dan sebuah tugas yang akan menghasilkan beberapa foto yang paling banyak direproduksinya sepanjang masa.

Selama dua dekade berikutnya, Chapelle mengikuti seluruh unit militer, mengambil foto untuk publikasi termasuk National Geographic, Life, dan Reader’s Digest.