Find Us On Social Media :

Temui Lautaro, Kepala Militer Mapuche Paling Terkenal yang Mampu Taklukkan Penjajah

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 14 Agustus 2018 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com- Orang-orang Mapuche yang kebanyakan tinggal di Cile Selatan adalah satu-satunya penduduk asli di Amerika Selatan yang berhasil menangkis ancaman invasi Kekaisaran Inca, serta para penjajah Spanyol.

Bukti arkeologis menunjukkan bahwa sejarah luar biasa mereka berasal dari tahun 600–500 SM.

Selama berabad-abad mereka dikenal sebagai salah satu dari prajurit Amerika Penduduk Asli yang paling ditakuti dan berkuasa.

Perjuangan orang-orang Mapuche menghasilkan banyak kisah pejuang pemberani yang menentang dan menolak dominasi Spanyol selama lebih dari 350 tahun.

Baca Juga: Ketika Pesawat Jatuh, Jumaidi Terlempar ke Luar Tapi Kembali Keruntuhan Pesawat Untuk Cari Air Minum

Mereka tidak akrab dengan konsep perbudakan dan mencintai kebebasan lebih dari apapun.

Itu menjadikan mereka ganas dalam peperangan dan membuatnya menjadi salah satu musuh terburuk yang pernah dihadapi orang-orang Spanyol di Amerika Selatan.

Di antara banyak prajurit yang ganas, salah satunya adalah Lautaro, seorang pemimpin militer yang hebat dan pahlawan terkenal dalam Perang Arauco.

Lahir di hutan Carampangue y el Tiruaa pada tahun 1534, masa kecil Lautaro cukup normal hingga dia ditangkap oleh orang-orang Spanyol dan dipaksa untuk menjadi pelayan mereka.

Lautaro pun hanya menurut namun diam-diam menyimpan dendam untuk membalas dendam pada waktunya nanti.

Dia adalah seorang anak yang brilian, dan selama periode perbudakannya, Lautaro belajar mengendarai kuda dan mempelajari keterampilan perang dari orang-orang Spanyol.

Usahanya untuk mempelajari dasar dari strategi militer Spanyol dan pengalaman dari pertempuran akan terbukti sangat penting untuk kesuksesannya sebagai pemimpin militer kelak.

Hingga pada 1552, Lautaro, merasa sudah sanggup untuk membangun pasukannya sendiri di Mapuches.