Find Us On Social Media :

Jadilah Inspirasi dan Cahaya Bagi Dunia alih-alih Meredupkannya

By Agustinus Winardi, Selasa, 11 April 2017 | 12:00 WIB

Upaya menjadi inspirasi dan cahaya dunia

Intisari-Online.com - Dalam hidup ini kita sebagai manusia kadang merasa dituntut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan duniawi yang melampui ukuran.

Kita berusaha keras memperjuangkan kepemilikan atau pencapaian kebutuhan-kebutuhan akan harta benda duniawi itu karena mengira orang lain akan mengukur keberhasilan hidup melalui harta benda yang kita miliki.

Kita bahkan merasa berhasil dan megah dalam hidup karena akhirnya dapat memiliki harta benda yang seolah-olah mampu memancarkan pamor serta terang bagi orang lain itu.

Sebagai orang beriman  yang berhasil dalam kehidupan sehingga bisa memiliki harta benda yang tidak bisa dimiliki oleh orang kebanyakan dan  mencerminkan sukses duniawi memang tidak dilarang .

Apalagi jika cara memperoleh harta benda duniawi itu dilakukan melalui cara-cara yang halal dan jujur serta selalu disyukuri. Salah satu caranya adalah berupa tindakan nyata  dengan ikhlas mau berbagi  kepada  sesama yang sedang menderita dan sangat membutuhkan pertolongan.

Kemampuan manusia untuk memiliki segala sesuatu yang diinginkan dari dunia ini sesungguhnya karena berkat kemurahan Tuhan semata.

Tuhan, Yang Maha Pemurah telah menyediakan bumi dan seisinya secara cuma-cuma untuk bisa diolah oleh manusia sehingga dapat dibuat  benda apapun.

Benda-benda yang mencerminkan simbol harta benda duniawi atau benda-benda yang bisa menghancurkan isi dunia ini semua bisa diciptakan oleh manusia. Misalnya dari pesawat ruang angkasa hingga bom nuklir.

Kadang dengan kemampuan intelektual dan inovasinya manusia merasa tidak perlu bantuan kekuatan Tuhan dalam karya penciptaannya.

Bahkan manusia kerap mengabaikan fungsinya sebagai mahluk yang harus berbagi kasih  kepada sesama. Lupa menjadi sumber inspirasi dan cahaya  bagi dunia  karena telah secara sengaja atau tidak sengaja  abai terhadap peran  campur tangah Tuhan.

Dengan kesadaran bahwa apa yang kita miliki, apa yang kita capai di dunia ini karena berkat rahmat dan penyertaan Tuhan, sebagai orang beriman  kita memang wajib untuk selalu  bersyukur.

Tapi bukan hanya bersyukur melalui doa-doa saja. Namun, juga harus diwujudkan dalam perbuatan hidup sehar-hari.

Banyak cara bagi umat manusia  untuk bisa menjadi inspirasi  dan cahaya  bagi sesama dan tidak harus memiliki harta benda duniawi yang justru hanya bisa menyilaukan sesama.

Marilah kita bertekad menjadi inspirasi dan cahaya   bagi sesama dengan talenta yang kita miliki. Marilah kita buat silau mata Tuhan agar menjadi termuliakan akibat perbuatan-perbuatan mulia  kita .