Find Us On Social Media :

Jangan Lewatkan Makan, 1 dari 10 Cara Mudah Bikin Pencernaan Selalu Sehat

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 13 April 2017 | 15:00 WIB

Kenapa Perut Bisa Kembung ?

Intisari-Online.com – Sistem pencernaan manusia adalah sekelompok organ yang bekerja mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi untuk melaksanakan berbagai fungsi tubuh. Bayangkan jika sistem pencernaan kita tidak sehat, maka tidak akan mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Kesehatan sistem pencernaan tergantung pada makanan kita, gaya hidup, dan jumlah bakteri usus yang sehat dalam usus kita. Berikut ini tips jika ingin memiliki sistem pencernaan yang sehat.

Tips 1.

Untuk sistem pencernaan yang sehat, perlu ada pertumbuhan bakteri baik tertentu dalam usus. Untuk itu, perbanyak konsumsi probiotik.

Tips 2

Probiotik seperti yoghurt, dadih, dll, dapat meningkatkan produksi bakteri usus yang sehat, jadi pastikan bahwa kita mengonsumsinya secara teratur.

Tip 3

Mengkonsumsi sayuran kaya serat seperti wortel, asparagus, sayuran hijau, dll. Serat dapat membuang semua limbah dan racun dari perut.

Tip 4

Mengkonsumsi setidaknya 250 g buah setiap hari. Buah juga kaya akan serat dan vitamin C, yang diperlukan untuk pencernaan yang sehat.

Tip 5

Hindari mengkonsumsi daging merah berlebih, seperti daging merah yang berlemak jenuh yang sangat tidak sehat bagi sistem pencernaan Anda.