Find Us On Social Media :

146 Kali Digigit Ular Berbisa, Graeme Gow Baik-baik Saja. Apa Rahasianya?

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 6 April 2017 | 21:30 WIB

146 Kali Dipagut Ular Berbisa, Graeme Gow Baik-baik Saja. Apa Rahasianya?

Intisari-Online.com - Bila suatu saat Anda mendengar ada orang digigit ular berbisa, bayangan Anda orang itu pasti menderita panas-dingin dan tak lama kemudian tewas.

Tapi itu tak terjadi pada diri Graeme Gow. Pria asal Australia yang pakar ular ini telah digigit ular paling mematikan di dunia sebanyak 146 kali.

"Sayalah orang yang paling sering digigit ular di Australia, mungkin malah di seluruh dunia," akunya.

Apa gerangan yang terkandung di dalam tubuhnya, tak seorang pun tahu. Bahkan, ilmu kedokteran pun belum bisa menyingkap "misteri " itu. "Padahal darah saya telah diuji para ilmuwan bertahun-tahun," tambah heipetologist ini.

Bila cemas, bisa makin deras

Barangkali pengalaman langka itu tidak akan terjadi pada Gow bila dia tidak demikian cintanya pada ular. Meskipun ular telah berkal-kali mengancam jiwanya, dia tetap mencurahkan hidupnya untuk mempromosikan keberadaan satwa itu, menemukan jenis-jenis baru dan menyelamatkan yang langka dari kepunahan.

"Banyak orang menganggap ular berbahaya dan menjijikkan," tuturnya. "Tapi bagi saya, gerakan ular itu bagaikan lantunan puisi, sangat luwes dan karismatik. Sepanjang malam pun saya dapat menghabiskan waktu memandangi binatang itu."

(Baca juga: Kelabakan Hadapi Ribuan Ular Piton, Pemerintah Florida Kerahkan Pemburu Bayaran)

Di setiap ruangan rumahnya di Humpty Doo, dekat Darwin, Australia, bisa ditemukan ular. Hewan ini pula yang menjadi atraksi utama pada Graeme Gow's Reptile World and Research Centre di kebunnya yang terbuka untuk umum.

Tujuh belas dari 20 ular paling berbisa di dunia ada di Australia dan termasuk dalam koleksinya yang masyhur, hasil penangkaran yang mencakup lebih dari 350 spesies.

Di antaranya termasuk ular yang paling mematikan di dunia: inland atau Western taipan.

Untuk menanganinya, Gow mengakui harus ekstra hati-hati, termasuk saat dia berpose untuk difoto. "Bila dia sampai menggigit pembuluh vena atau arteri utama, kita tidak akan bisa bertahan hidup lebih dari lima mehit," bisiknya, sambil membelai ular sepanjang 2 m yang melilit pergelangan tangan dan lenganriya.