Find Us On Social Media :

Bukan dengan Peluru, Kompeni Pernah Kalahkan Mataram dengan Kotoran Manusia, Ini Kisahnya

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 9 Agustus 2018 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com – Waktu balatentara Mataram menyerang Batavia, tersebutlah bahwa pihak Kompeni sudah kehabisan peluru dan benteng Belanda hampir dapat direbut. Tiba-tiba pihak Kompeni mengisi meriam-meriamnya dengan kotoran manusia dan menembakkannya ke arah pasukan-pasukan Mataram.

Karena tidak tahan pada baunya, balatentara Mataram itu lari mengundurkan diri sambil berteriak-teriak: "Mambet tahi! Mambet tahi!" (Bau tahi!).

Kisah diatas dapat kita jumpai dalam dongeng-dongeng tradisionil Jawa seperti "Babad Tanah Jawi" dan sebangsanya. Bahkan dalam kitab "Serat Baron Sakender" disebutkan bahwa kota Batavia dapat dibagi menjadi dua,yaitu Kota Tahi dan Kota Inten.

Sudah barang tentu kita akan tertawa mendengar atau membaca dongeng sedemikian. Lebih- lebih karena kita tahu bahwa nama "Betawi" itu berasal dari kata "Batavia".

Baca juga: Diboikot Mataram, Kompeni di Batavia Terancam Kelaparan, Tapi Malah Selamat Berkat Sulap

Tetapi apakah "episode kotoran manusia" dalam dongeng itu juga hanya akal orang-orang Jawa dalam usahanya menutupi kegagalan mereka menyerbu Batavia? Nampak-nampaknya tidak! Sebab ada saksi-mata yang mengalami peristiwa itu sendiri dan menuliskan laporannya.

la adalah Seyger van Rechteren, seorang "Krankbezoeker", yaitu pegawai VOC yang tugasnya menengok dan menghibur orang-orang sakit, yang tiba di Batavia pada tanggal 23 September 1629.  Jadi hanya beberapa hari saja sebelum terjadi serangan yang kedua kalinya dari Mataram.

Waktu serangan datang, Van Rechteren berada di benteng "Maagdelijn" yang letaknya ada di sudut Tenggara kota. Dengan mata-kepala sendiri ia menyaksikan betapa benteng itu dihujani meriam dan api.

Betapa pasukan Mataram mulai menyeberangi parit dan menaiki tembok benteng dengan mempergunakan tangga dan tali-rotan. Padahal serdadu Kompeni hanya tinggal 15 orang tanpa sebutir pelurupun tersisa kecuali mesiunya.

Baca juga: Duh, Istilah Hidung Belang Ternyata Lahir Karena Kasus Gubernur Batavia Pieterzoon Coen

Dalam keadaan yang kritis itu seorang serdadu berlari mengambil kotoran manusia dengan sebuah panci dan menyiramkannya ke bawah, ke arah pasukan-pasukan Mataram. Perbuatannya segera ditiru oleh teman-temannya.

Karena tidak tahan pada baunya, balatentara Mataram lalu mengundurkan diri dan selamatlah benteng itu.

Dari laporan Van Rechteren itu ternyata bahwa cerita tentang meriam-meriam yang diisi kotoran manusia benar-benar pernah terjadi! Sayangnya Van Rechteren mengacaukan dua peristiwa menjadi satu.