Find Us On Social Media :

Dua atau Tiga Hari Tak Buang Air Besar, Normalkah?

By Gavriel Sukma, Sabtu, 1 April 2017 | 16:30 WIB

BAB telat apakah normal?

Intisari-Online.com - Pencernaan menjadi salah satu masalah penting yang mesti selalu diperhatikan, apalagi jika kerja pencernaan kita tidak lancar. Menurut Felice Schnoll, direktur Jay Monahan Center for Gastrointestinal Health, New York, tak ada aturan pasti berapa kali setiap orang harus buang air besar setiap hari. Tiap orang punya frekuensi buang air besarnya sendiri-sendiri.

(Dilarang Buang Air Besar di Tempat Terbuka, Sekte Digambara Memprotes Pemerintah India)

Lalu pernahkah kita mengalami kesulitan saat BAB? Atau, penahkah kita mengalami BAB yang tidak rutin? Jika pernah, tak perlu bingung atau panik sebab, seperti disinggung di awal, BAB setiap orang itu berbeda, tidak dapat disamakan. Karena setiap orang terus mengalami perbedaan dalam BAB, dan tak sedikit orang yang mengalami perubahan itu.

Menurut Felice, tak jarang banyak orang mengeluh tentang BAB, mulai dari tak bisa BAB, BAB tak rutin, atau yang lainnya. Tapi menurutnya ini adalah kondisi yang normal selama saat ingin BAB kita masih merasakan rasa sakit. Bahkan jika kita tidak BAB selama satu, dua, hingga tiga hari itu baik-baik saja, selama kita tidak mengalami kesulitan BAB  dan masih merasakan sakit saat ingin BAB; itu artinya tidak ada masalah.

Untuk membuang kekhawatiran itu kita bisa mengatasinya dengan rutin memakan sayuran dan buah-buahan. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah kita akan mendapatkan serat yang baik sehingga dapat merangsang tubuh untuk BAB. Sekarang tak perlu khawatir lagi mengalami BAB yang tak lancar.