Find Us On Social Media :

Tips Membangun Ikatan Batin Ayah Dan Janin, Mudah Kok

By Yoyok Prima Maulana, Senin, 3 April 2017 | 07:00 WIB

Ikatan ayah dan calon bayi harus dikuatkan sejak dini

Intisari-online.com - Ikatan batin antara ayah dan calon si jabang bayi itu sangat penting.  Hal itu bisa mulai dipupuk sejak bayi masih di kandungan. Berikut cara mudah membangun ikatan batin calon bayi dengan ayahnya. 

1.Sering memegang perut

Calon ayah harus ikut mengikuti perkembangan janin. Cobalah untuk memegang perut istri yang hamil untuk merasakan kehidupan di dalam perut.

Gerakan sederhana ini akan memupuk hubungan antara ayah dan janin. Keterlibatan ayah akan membuat rasa memiliki yang besar kepada anak. 

2. Bangun ritual khusus

Banyak cara untuk membangun ikatan dengan janin seperti berbicara dengannya. Cobalah untuk membuat ritual atau kebiasaan seperti berpamitan dengan janin sebelum pergi kerja.

3.Berbagi aneka perayaan

Banyak tradisi yang dibuat untuk menyambut kehadiran si kecil. Baby shower hingga prosesi 7 bulanan menjadi beberapa contoh aneka perayaan yang biasa dilakukan saat hamil. Tak ada salahnya istri meminta suami untuk terlibat dalam hal ini. 

4. Mendapatkan aneka kursus persiapan

Saat istri mengikuti beberapa kelas persiapan melahirkan, suami hendaknya juga mengetahui dan terlibat. 

Dukungan suami tidak hanya berdampak positif kepada istri, namun juga memperkuat hubungan batin dengan calon bayi. Melihat janin dan detak merupakan pengalaman yang meningkatkan ikatan ayah dan janin.

(Anak Sering Mual Dan Muntah Di Mobil, Coba Trik Ini)

5.Meningkatkan hubungan dengan pasangan

Saat hamil, bukan berarti romantisme suami dan istri berkurang. Justru, hubungan suami istri harus semakin kuat untuk menjaga kesehatan janin. Rasa bahagia pada ibu hamil akan mengeluarkan hormon bahagia yang membuat janin jadi lebih sehat. Selain itu, juga bisa menjalin ikatan batin ayah dan janin.