Find Us On Social Media :

Mirip Indonesia, Kroasia yang Berniat Membeli Jet Tempur dari Israel Langsung Picu Kontroversi Warganya

By Agustinus Winardi, Selasa, 7 Agustus 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Pada 1980-an melalui misi rahasia bersandi Operasi Alpha, Indonesia sukses membeli 32 jet tempur A-4 Skyhawk dari Israel.

Operasi rahasia yang mencerminkan kehebatan kinerja intelijen Indonesia itu dilakukan karena pada tahun itu, TNI sangat membutuhkan kekuatan udara yang harus didukung oleh jet-jet tempur generasi modern.

Ketika melalui AS, Israel memutuskan menjual jet-jet tempur A-4 dengan harga murah, Indonesia pun melakukan nego pembelian lewat kedutaan besar Israel di Singapura.

Setelah itu digelarlah Operasi Alpha yang kemudian berhasil secara gemilang.

Setiap pembelian persenjataan dari Israel yang dilakukan oleh negara tertentu, hingga saat ini umumnya kerap menimbulkan kontroversi terkait Israel yang masih menjajah sebagian wilayah Palestina.

Baca juga: Penjahat Perang Perang Bosnia Tewas Minum Sianida: Spekulasi Bagaimana Racun Itu Masuk ke Penjara pun Menyeruak

Tapi dunia juga mengakui bahwa produk-produk persenjataan Israel memang berkualitas.

Bahkan persenjataan yang dibeli Israel dari negara lain umumnya langsung di up grade sehingga menjadi persenjataan yang makin canggih.

Jet-jet tempur A-4 Skyhawk yang pernah dibeli Indonesia dari Israel juga merupakan pesawat yang telah di up grade oleh Israel.

Berkat program up grade itu secara teknologi A-4 yang dibeli Indonesia menjadi lebih canggih dibandingkan jet-jet tempur A-4 yang dimiliki oleh AS.

Saat ini sejumlah jet tempur F-16 Israel yang ketika sudah di up grade dinamai F-16 Suva juga sedang ditawarkan ke Kroasia.

Negeri Balkan itu sendiri memang sangat berminat untuk membelinya.

Baca juga: Inilah Kisah Kolinda Grabar-Kitarovic, Presiden Kroasia yang Curi Perhatian pada Piala Dunia 2018