Find Us On Social Media :

Wahai Pria, Berhati-hatilah! Pekerjaan Anda Akan Segera Digantikan oleh Robot

By Lintang Bestari, Selasa, 28 Maret 2017 | 16:20 WIB

Sekitar 35% lapangan pekerjaan pria akan digantikan oleh robot

Intisari-Online.com – Menurut sebuah studi terbaru, sepertiga pekerjaan di Inggris akan segera diambil alih oleh robot pada 2030.

(Dalam Waktu Dekat, Makanan Kita akan Diantar oleh Robot)

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan akuntansi, PricewaterhouseCoopers (PwC) ini, menemukan fakta bahwa 30% lapangan pekerjaan di Inggris akan menerapkan sistem otomatis. Selain Inggris, Amerika Serikat, Jerman dan Jepang juga akan melakukan hal yang sama.

Para peneliti mengatakan, jenis pekerjaan yang dilakukan manusia akan berubah, tapi tidak menghilang sepenuhnya. Meskipun begitu, perbandingan antara lapangan pekerjaan pria dan wanita cukup jauh nantinya.

(Method 2, Robot Raksasa Setinggi 4 Meter dan Seberat 1,5 Ton yang Bisa Dikendalikan Manusia)

PwC memperkirakan, 35% pekerjaan pria terancam hilang, dibanding pekerjaan wanita yang hanya 26%. Hal ini disebabkan karena beberapa pekerjaan wanita membutuhkan kemampuan sosial seperti pada sektor pendidikan dan kesehatan. Sementara, pria lebih banyak bekerja di bidang transportasi dan pabrik yang mudah digantikan oleh robot.

Namun, sisi baiknya, John Hawksworth, ekonom dari PwC mengatakan, di masa depan, kedua gender akan lebih beradaptasi dan tidak terjebak dalam stereotipe. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi  wanita untuk mematahkan kesenjangan gender. Artinya, mereka bisa meningkatkan skill melalui pelatihan. “Semuanya menjadi lebih mengalir,” ujarnya.

Bagaimana pun juga, belum diketahui apakah perubahan ini akan memberikan pengaruh pada gaji yang diberikan. Melihat statistik nasional Inggris, diketahui bahwa pada 2016, pendapatan wanita 18% lebih rendah dibanding pria.