Find Us On Social Media :

Terobosan Ilmiah: Tak Lama Lagi Darah Bisa Diproduksi Secara Masal

By Andrew Bari Dianto, Selasa, 28 Maret 2017 | 10:40 WIB

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Donor Darah

Intisari-Online.com – Para peneliti di University of Bristol, Inggris telah membuat terobosan besar dalam bidang penciptaan sel darah buatan.

Penciptaan Sel darah buatan ini akan memungkinkan pembuatan produksi darah secara masal. Hal ini nantinya bisa membantu orang dengan golongan darah yang sulit dicari, seperti AB dengan rhesus negatif (AB-), dan B dengan rhesus negatif (B-).

(Selain Langka, Golongan Darah AB Berpotensi Lebih Besar Terkena Demensia)

Bekerja sama dengan NHS Blood and Transplant, para peneliti di University of Bristol membuat proses baru yang memungkinkan mereka untuk memproduksi secara masal darah buatan.

Terobosan ini datang ketika para peneliti berhasil memanfaatkan sel induk (stem cell) yang masih berada dalam tahap awal untuk menumbuhkan miliaran sel darah merah.

Saat ini, satu-satunya cara untuk membuat darah buatan adalah dengan cara menumbuhkan sel-sel induk yang telah disumbangkan ke sel-sel darah.

(Turunkan Tekanan Darah dengan Buah Naga)

Cara ini memakan waktu lama, tidak efisien, dan membutuhkan sumbangan berulang kali agar bisa layak digunakan.

Apa yang peneliti lakukan agar sel induknya bisa berkembang biak secara tak terbatas adalah dengan cara “menjebak” sel induk agar tetap berada pada tahap awal perkembangannya.

Sebuah sel induk biasa dapat memproduksi 50.000 sel darah merah sebelum akhirnya sel tersebut mati.

Namun dengan “menjebak” sel induk agar tetap berada pada tahap awal perkembangannya, hal ini akan membuat sel induk tersebut terus memproduksi sel darah merah yang tak terhitung jumlahnya, karena sel induk tersebut tidak akan mati.

(Enam Faktor yang Menyebabkan Anda Tidak Bisa Mendonorkan Darah)