Find Us On Social Media :

Pengemudi yang Baik adalah yang Membuat Jalanan Aman untuk para Pengemudi Buruk

By Andrew Bari Dianto, Senin, 27 Maret 2017 | 15:30 WIB

Pria Lawan Wanita, Siapakah Juara Mengemudi?

Intisari-Online.com – Apakah Anda pengemudi yang andal dan baik? Pertanyaan ini mungkin akan menyinggung bagi sebagian orang yang menggunakan kendaraan, baik mobil maupun motor untuk aktivitas sehari-hari.

Mereka akan tersinggung karena mungkin, mereka merasa sudah andal dalam urusan mengemudi, tapi ternyata menurut para ahli tidak seperti itu.

Berdasarkan survei, kebanyakan orang menilai terlalu tinggi kemampuan mengemudi yang mereka miliki.

(Bagaimana Bisa Berkendara dengan Aman Bila Posisi Duduk Kita Saat Mengemudi Salah?)

Menurut para ahli pun, hal ini bukan bagaimana tentang kemampuan kita untuk mengemudi, melainkan apa yang pengemudi lain rasakan ketika berkendara di sekitar kita.

 “Jika anda terlalu sering diklakson, atau terlalu sering mendapatkan lampu dim (lampu tembak) dari mobil di belakang Anda, maka Anda melakukan sesuatu yang salah,” ujar Walter Meyer, seorang konsultan keselamatan lalu lintas, seperti yang dilansir dari usatoday.com.

“Apakah Anda mengemudi terlalu lambat di jalur kiri? (di AS, jalur cepat berada di kiri) Apakah Anda tidak menyalakan lampu sign ketika berbelok? Memang, terkadang ada pengemudi yang mengklakson dan mencaci kita tanpa alasan, namun jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka Anda lah masalahnya,” lanjut Walter.

(Mengemudi Aman Meski Diguyur Hujan: Perhatikan Perintilan-Perintilan yang Berdampak Besar)

Joe Giammona, CEO dari Driver Training Group, perusahaan induk dari dua sekolah mengemudi nasional di AS, berpendapat “Sesungguhnya, pengemudi yang baik adalah yang membuat jalanan aman untuk para pengemudi buruk di luar sana.”

Kembali ke pertanyaannya, apakah kita pengemudi yang andal dan baik? Secara subjektif, mungkin kita sering mendapatkan pujian dari teman-teman, atau keluarga kita karena kita merupakan orang yang paling dipercaya untuk mengemudi.

Namun ada cara objektif untuk menilai kemampuan mengemudi yang kita miliki. Salah satunya adalah dengan aplikasi HighwayHero yang dikembangkan oleh Liberty Mutual.

Aplikasi ini menilai pengemudi berdasarkan akselerasi, pengereman, belokan, kecepatan, dan penggunaan telepon ketika mengemudi.