Find Us On Social Media :

Tergantung pada Obat Tidur? Itu Tandanya Kita Kecanduan Pil Tidur

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 30 Maret 2017 | 11:00 WIB

Jangan Pernah Abaikan Aturan Penggunaan di Kemasan Obat

Intisari-Online.com – Gangguan tidur dapat membuat hidup berantakan dan inilah salah satu alasan mengapa kebanyakan orang mulai menggunakan pil tidur. Sebagian besar pil tidur dikenal sebagai obat penenang.

(Pil Melatonin Diklaim Ampuh sebagai Obat Tidur Alami?)

Obat-obat anti-kecemasan juga mningkatkan rasa kantuk bersamaan dengan suara tidur. Obat ini berpotensi adiktif dan banyak tanda-tanda kecanduan pil tidur yang tanpa diketahui. Sebaiknya Anda menghubungi dokter jika merasa mengalami kecanduan terhadap pil tidur. Seperti apa tanda-tanda kecanduan pil tidur:

Tanda penarikan diri yang berbahaya

Sangat sulit seseorang menghentikan dari pil tidur dan kecanduan. Ketika penggunaan pil tidur dikurangi atau dihentikan, tubuh menunjukkan banyak gejala penarikan diri seperti kecemasan, peningkatan denyut jantung, lekas marah atau tanda-tanda yang mengancam jiwa.

Peningkatan toleransi

Salah satu tanda umum dari kecanduan pil tidur adalah toleransi peningkatan terhadap obat tersebut. Proses toleransi terjadi ketika tubuh terpapar terus-menerus obat tersebut. Dosis yang sama menjadi kurang responsif atau bahkan mungkin berhenti bekerja.

Tidak tertarik pada hobi

Efektivitas berubah akibat kecanduan pil tidur yang parah. Anda mungkin kehilangan miat terhadap apa yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun.  Tubuh akan berada dalam tahap penarikan terhadap segala sesuatu.

Menjadi obsesi

Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa lebih dari 60 persen orang-orang yang kecanduan pil tidur merasa obsesi terhadap obat ini. Setelah tubuh menolak pil tidur, lalu mulai menginginkannya dengan lebih. Ini adalah salah satu tanda-tanda yang nyata dari kecanduan pil tidur.

Semakin tingginya risiko bunuh diri