Find Us On Social Media :

Google Benar-benar Tahu Cara Menghormati Ibu Soed, Kita Bisa Melihat Wajahnya di Google Doodle

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 26 Maret 2017 | 08:30 WIB

Ibu Soed muncul di Google Doodle

Intisari-Online.com - Google benar-benar tahu cara menghormati Saridjah Niung atau yang biasa kita sapa sapa Ibu Soed. Tepat di hari kelahirannya ini, Google memasang wajah Ibu Soed di mesin pencari Google Doodle.

Panggilan “Soed” didapat setelah ia menikah dengan Raden Bintang Soedibjo.

(Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Dewi Sartika)

Ibu Soed dikenal sebagai seorang pemusik, guruk musik, pencipta lagu anak-anak, penyiar radio, dramawan, dan seniman batik Indonesia. Lagu-lagu ciptaannya, seperti “Berkibarlah Merah Putih” dan “Kupu-kupu yang Lucu”, sangat terkenal di kalangan Taman Kanak-kanak.

Ibu Soed lahir di Sukabumi, Jawa Barat, pada 26 Maret 1908. Ia lahir sebagai bungsu dari 12 bersaudara. Ayahnya, Mohammad Niung, adalah seorang pelaut asal Bugis yang menetap di Sukabumi. Ia meninggal di Jakarta pada 1993 ketika berusia 85 tahun.

Kemampuannya bermain musik, terutama bermain biola, tak lain dan tak bukan diturunkan dari ayah angkatnya Prof. Dr. Mr. J. F. Kramer, seorang pensiunan Wakil Ketua Hoogerechtshof (Kejaksaan Tinggi) di Jakarta waktu itu.

Setelah mendapatkan bekal yang cukup dari ayah angkatnya itu, Ibu Soed melanjutkan pendidikan di Hoogere Kweek School (HKS) Bandung guna memperdalam ilmunya di bidang seni suara dan musik.

Lebih dari itu, Ibu Soed dikenal sebagai musisi tiga zaman: Belanda, Jepang, dan Indonesia. Suaranya kali pertama disiarkan dari Radio NIROM Jakarta pada 1927-1928.

(Kado Ulang Tahun Istimewa dari Google untuk Pramoedya Ananta Toer)

Dari sekian karier bermusiknya, mungkin inilah momen yang paling dikenal dari Ibu Soed: mengiringi lagu Indonesia Raya bersama W.R. Supratman saat lagu itu dikumandangkan dalam acara Sumpah Pemuda di Gedung Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Atas karya dan pengabdiannya, Ibu Soed diganjar penghargaan Satya Lencana Kebudayaan dari pemerintah Indonesia dan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Berikut daftar lagu ciptaan Ibu Soed:

  1. Anak Kuat
  2. Berkibarlah Benderaku
  3. Bendera Merah Putih
  4. Burung Kutilang
  5. Dengar Katak Bernyanyi
  6. Desaku
  7. Hai Becak
  8. Indonesia Tumpah Darahku
  9. Himne Kemerdekaan
  10. Kapal Api
  11. Kampung Halamanku
  12. Kupu-kupu yang Lucu
  13. Lagu Bermain
  1. Lagu Gembira
  2. Main Ular-Ularan
  3. Menanam Jagung
  4. Naik Delman
  5. Naik-Naik ke Puncak Gunung
  6. Nenek Moyang
  7. Pagi-pagi
  8. Pergi Belajar
  9. Tanah Airku
  10. Teka-Teki
  11. Tidur Anakku
  12. Tik Tik Bunyi Hujan
  13. Waktu Sekolah Usai

Semoga jasamu abadi, Ibu Soed!