Find Us On Social Media :

Jangan salah, Berang Berang Justru Lebih Cerdas dari Lumba Lumba

By Lintang Bestari, Sabtu, 25 Maret 2017 | 17:13 WIB

Berang-berang dianggap lebih pintar dari lumba-lumba

Intisari-Online.Com – Lumba-lumba mendapat perhatian karena kepintarannya. Mereka disebut-sebut sebagai hewan paling cerdas.

Namun, sebuah penelitian terbaru mengatakan, berang-berang laut telah mengalahkan kepintaran lumba-lumba – terutama pada sisi ketangkasan.

Studi ini menganalisis gen lebih dari 100 berang-berang di lepas pantai California, AS. Ditemukan fakta bahwa nenek moyang mereka sudah menggunakan alat seperti batu untuk memecahkan kerang laut dan mengumpulkan makanan. Bahkan sebelum hewan laut lainnya mempelajari hal ini.

“Hal itu sudah dilakukan dari berang-berang terdahulu. Mereka sangat pintar; menggunakan batu sebagai pemecah dan palu,” kata Katherine Ralls, zoologist di Smithsonian Conservation Biology Institute sekaligus wakil penelitian ini.

(Orang Jerman Bikin matahari Buatan Yang Panasnya Bisa Membakar Orang)

Jika kemampuan tersebut dipelajari dulu oleh hewan laut lainnya, maka bagi berang-berang muda, itu merupakan suatu keahlian alami.

“Anak berang-berang yang dibesarkan di penangkaran bahkan bisa menunjukkan kemampuan memecahkan kerang dan makananannya meskipun belum pernah dilatih sebelumnya. Sementara itu, berang-berang liar yang tinggal di habitat aslinya juga memiliki kemampuan itu, terlepas dari tipe diet ibunya,” papar para peneliti dalam studinya.