Find Us On Social Media :

Inilah Spek Mobil Yang Dipinjam SBY: Antipeluru, Masih Bisa Melaju Meski Ban Kempes

By Agus Surono, Rabu, 22 Maret 2017 | 14:37 WIB

Mobil kepresidenan RI Mercedes-Benz S 600.

Intisari-Online.com – Mogoknya mobil kepresidenan RI yang dipakai Jokowi saat melakukan kunjungan dinas ke Mempawah, Kalimantan Barat menguak keberadaan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard. Dari delapan yang dibeli RI, satu dipinjamkan ke mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Sebagi tunggangan kepala negara, Mercy S 600 itu tentu memiliki banyak kecanggihan. Tipe S 600 sendiri merupakan kasta tertinggi di jajaran mobil yang berlogo mirip dengan partai politik yang dipimpin SBY.

Mercy ini memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi dari sebuah mobil. Wajar saja karena akan digunakan oleh orang yang sangat sangat penting (VVIP). Jadi, mobil ini harus mampu menahan tembakan dari senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom.

(Ini dia kisah SBY saat masih hidup pas-pasan.)

Pullman Guard juga dilengkapi dengan daya tambahan untuk power window, sehingga jika ada serangan langsung dari jendela dapat diantisipasi dengan baik.

Tidak hanya body dan kaca anti peluru. Jika mobil ini kempes atau bocor karena tertembak peluru atau terkena ranjau, ban Michelin PAX yang dipakai masih dapat “menggelindingkan” mobil 60 kilometer. Sedangkan untuk memantau tekanan udara di ban, ada sistem monitoring.

Mengantisipasi kebakaran di dalam kabin, ada sistem pemadam kebakaran yang bekerja secara otomatis dan mampu mengunci titik penyebaran api. Sedangkan untuk mengantisipasi serangan gas beracun, ada sistem penjernih udara.

(Mau Tahu 7 Mobil Termahal Di Indonesia Tahun 2016?)

Pada bagian kaca depan dan jendela belakang mobil ini tahan panas, sistem adjutable doorhold di keempat pintu, kemudian pintu belakang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.

Berbagai fitur lainnya pada mobil sepanjang 6,5 m ini adalah koneksi internet, climate control, four zone AC, individual TV,  tabung oksigen, serta  panic alarm system untuk memberitahu saat ada ancaman.

Untuk jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin 12 silinder Biturbo berkapasitas 6000 cc, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 517 Tk.