Find Us On Social Media :

Menurut Pelayan Pangeran Charles, Ratu Elizabeth Suka Kejar-kejaran dengan Anjingnya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 25 Agustus 2018 | 22:00 WIB

Intisari-Online.com – Stephen P. Barry, pelayan Pangeran Charles menuturkan pengalamannya selama dua belas tahun melayani Pangeran.

Pengalamannya tersebut dikisahkan dalam buku Stephen P. Barry: Royal Service, my twelve years as valet to Prince Charles and Royal Secrets, seperti pernah dimuat Majalah Intisari edisi Mei 1987.

Berikut ini penggalan-penggalan kisahnya.

--

Di istana ratu selalu diikuti anjing-anjingnya ke mana pun ia melangkah, sehingga kalau kami melihat anjing-anjingnya pasti ratu berada di dekat tempat itu.

Ratu suka sekali pada anjing dan kuda. Anjing-anjing berburunya ia didik sendiri dengan bersungguh-sungguh. Salah seekor anjing hasil didikannya, Harvey, menjadi milik Pangeran Charles.

Baca juga: Jika Sedang Makan Sendirian, Ratu Elizabeth II Bisa Makan Sambil Mengisi TTS

Kadang-kadang saya kebagian tugas mengajak Harvey berjalan-jalan di taman-taman Istana Buckingham. Tugas itu menguntungkan, karena saya bisa keluyuran di taman-taman yang biasanya tidak boleh sembarangan dimasuki.

Sebelum mengajak Harvey berjalan-jalan, saya menelepon dulu page ratu. Page ialah petugas yang merupakan perantara antara kita dengan ratu atau anggota keluarga yang dilayaninya. Pangeran Charles tidak memiliki page, jadi saya berfungsi juga sebagai pagenya.

Saya tanya dulu apakah ratu  tidak akan berjalan-jalan di kebun saat itu. Kalau tidak, saya akan mengajak Harvey ke sana.

Kalau ratu tidak akan 'memakai' kebun, saya bawa Harvey keluyuran. Suatu hari saya melihat ratu di kejauhan, sehingga buru-buru saya bawa Harvey menjauh. Anjing itu berusaha berontak, sebab ia ingin mendekati pelatihnya.

Baca juga: Rupanya Ratu Elizabeth II Pelit dalam Memberi Hadiah, Bahkan Untuk Anggota Keluarganya Sendiri

Namun, dua puluh menit kemudian saya menemukan sekelompok anjing korgi. Celaka, saya ketemu ratu lagi! Saya seret Harvey buru-buru dari sana. Namun, anjing-anjing ratu membuntuti dan tahu-tahu ratu sudah berhadapan dengan saya.