Find Us On Social Media :

Patung Firaun Ramses II Raksasa Ditemukan Tersembunyi di Area Kumuh Kairo

By Lila Nathania, Senin, 13 Maret 2017 | 10:00 WIB

Patung Firaun Ramses II

Intisari-Online.com – Hampir genap 3.000 tahun sejak masa pemerintahannya, sebuah patung Firaun Ramses II berukuran raksasa ditemukan di Kairo. Patung ini tingginya delapan meter dan ditemukan terkubur pada area berlumpur yang terletak di Kota Kairo.

Penemuan ini sangatlah berharga sebab Ozymandias, nama asli dari Firaun Ramses II, merupakan salah satu pemimpin kerajaan Mesir Kuno yang sangat terkenal. Area tempat ditemukannya patung ini memang sekarang menjadi daerah kumuh, namun, dulunya tempat ini merupakan wilayah Kuil Matahari yang didirikan oleh Firaun Ramses II.

Sekelompok arkeolog Mesir dan Jerman belum lama ini menggali area ini untuk mengambil potongan-potongan patung Firaun Ramses II tersebut. Mereka sangat yakin bahwa itu adalah patung dari Firaun Ramses II sendiri sebab memang lokasi ditemukannya patung itu berada pada Kuli Matahari miliknya.

Beberapa potongan yang sudah ditemukan adalah bagian kepala, dada, mata kanan. Dan telinga kiri. Menurut Dr. Aymen Ashmawy, perwakilan dari Kementrian Barang Antik, penemuan ini jelas sangat penting karena mengondirmasi ukuran dari Kuil Matahari milik Firaun Ramses II. Ukuran kuil itu tentu merupakan penggambaran dari kekuatan dan kekuasaan sang firaun sendiri.

Firaun Ramses II memerintah pada tahun 1279 hingga 1213 sebelum masehi. Ketika meninggal pada usia kurang lebih 90-an, ia dimakamkan pada Lembah Raja-raja. Mumi dari Firaun Ramses II sendiri saat ini berada di Egyptian Museum, Kairo.