Find Us On Social Media :

Penghasilan Hanya Rp20 Ribu Sehari Tapi Bisa Naik Haji, Inilah Kisah 'Ajaib' 3 Tukang Becak Naik Haji

By Aulia Dian Permata, Senin, 30 Juli 2018 | 15:32 WIB

Intisari-Online.com - Bisa mengunjungi Tanah Suci Mekah tentu merupakan harapan terbesar bagi seluruh umat Muslim di dunia.

Tak terkecuali bagi 3 tukang becak yang kisahnya ada di bawah ini.

Biaya naik haji yang mencapai puluhan juta rupiah, jika dipikir-pikir memang cukup berat dan nyaris mustahil dicapai dengan penghasilan sehari-hari mereka.

Namun, Tuhan selalu merawat doa-doa umatnya yang dipanjatkan dengan niat tulus dan membantu agar harapan mereka terkabul.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, 10 Penyakit Mematikan Ini Bisa Membunuhmu Hanya dalam Waktu Kurang dari 24 Jam

1. Maksum, penghasilan sehari Rp20 ribu dan menabung 21 tahun untuk biaya naik haji

"Mustahil", begitu yang dipikirkan Maksum saat terlintas keinginannya menunaikan ibadah haji. Apalagi penghasilannya hanya berkisar Rp20 ribu per hari.

Tukang becak yang kerap mangkal di depan ITC Surabaya itu awalnya tidak yakin keinginannya akan terwujud.

Baca Juga: Setelah Mencari Selama 17 Tahun, Janda Ini Akhirnya Menemukan 4 dari 5 Pembunuh Suaminya dan Ini yang Ia Lakukan

Namun pada tahun 1996, setelah istrinya meninggal, Maksum bertekad harus mulai menabung untuk naik haji. Dan sejak saat itu, Maksum mengayuh becaknya lebih rajin dari sebelumnya.

Setoran pertamanya ke bank kala itu Rp800 ribu dan dia selalu menabung setiap bulan.

Baru tahun 2010, Maksum membuka rekening Ongkos Naik Haji (ONH) dan mulai mendaftarkan namanya sebagai jemaah haji Indonesia.

"Tidak hanya bekerja saja, tapi juga berdoa," ungkap Maksum. Selama belasan tahun, Maksum menyisihkan pendapatan kecilnya ke rekening tabungan haji.