Find Us On Social Media :

Wow, Ternyata Berhubungan Seks Bisa Menurunkan Kolesterol Loh!

By Ilham Pradipta M., Kamis, 9 Maret 2017 | 18:00 WIB

Nah Ini Dia! 6 Cara Menjaga Hubungan Seks tetap Menakjubkan!

Intisari-Online.com – Pada sebagian orang upaya untuk menurunkan kolesterol kadang gampang-gampang susah. Namun, beruntunglah Anda yang telah menikah!

Loh, apa hubungannya kolesterol dengan pernikahan? Ternyata hubungan seks juga bisa menurunkan kolesterol. Kok bisa?

Kolesterol erat kaitannya dengan trigliserida, karena keduanya tergolong lemak. Banyak orang mengira hanya dengan olahraga seperti latihan aerobik hingga keringat mengucur, dapat segera menurunkan kadar kolesterol darah.

Padahal, justru sebaliknya. Olahraga lebih cepat menurunkan kadar trigliserida, bukannya kolesterol.

(Punya Kolesterol Tinggi? Ini Dia, Tiga Serangkai Penggempur Kolesterol yang Terbukti Kemanjurannya)

Trigliserida sendiri bukanlah lemak khusus, melainkan lemak dengan tiga molekul ester gliserol dan asam lemak. Struktur kimia macam ini memungkinkan untuk terurai bila terjadi pembakaran atau oksidasi sewaktu berolahraga.

Namun, kadar trigliserida yang tinggi perlu segera diturunkan. Kalau tidak, kadar HLD (kolesterol baik) bisa menurun. Alhasil, meningkatkan risiko terhadap stroke dan serangan jantung. 

Sedangkan kolesterol merupakan lemak khusus yang rumus kimianya berstruktur steroida, yakni terdiri atas empat buah cincin yang bersatu.

Di dalam tubuh, kolestrol berguna untuk pembuatan sel membran, vitamin D3, garam empedu, hormon mineralokortikosteroida, hormon glukokortikosteroida, dan hormon seks.

Nah, kalau trigliserida dapat diturunkan melalui olahraga, kadar kolesterol secara alami bisa turun pada saat pembuatan vitamin D3 (dalam hati dan ginjal) atas bantuan sinar matahari (sinar ultraviolet).

Di sini hormon paratiroid akan menggalakkan penyerapan kalsium dan fosfor oleh usus. Dengan kata lain, berjemur di bawah terik matahari pagi sampai berkeringan akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Apa pasal? Sebab dengan pembentukan vitamin D3, maka reaksi kolesterol akan berjalan ke kanan menjadi vitamin D3, sehingga kadar kolesterol turun.