Find Us On Social Media :

Sendiran Tidak Sama dengan Kesepian, Coba Selidiki Jangan-Jangan Kita Terjebak 7 Tipe Kesepian Ini

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 8 Maret 2017 | 06:00 WIB

Lima Langkah Mengatasi Kesepian

Intisari-online.com - Salah satu tantangan terbesar untuk mencapai kebahagiaan adalah kesepian. Sadar tidak sadar, kesepian menjadi salah satu penghambat hidup bahagia yang sering dialami manusia.

Tapi perlu diingat, kesepian tidak sama dengan sendirian dan begitu juga sebaliknya: sendirian belum tentu kesepian. Keduanya merupakan hal yang berbeda. Kesepian berarti merasa kalut, kewalahan, terganggu, penat dan merasa perlu untuk menenangkan diri. Perasaan seorang yang merasa kesepian sebenarnya lebih kompleks dari yang kita bayangkan.

Berikut ini tujuh tipe kesepian yang umumnya dialami manusia seperti yang dilansir di psychologytoday.com. Kita bisa mengidentifikasinya pada diri kita sendiri, siapa tahu tanpa kita sadari, walau kita dikelilingi banyak orang, kita masih merasa sepi.

1. Kesepian karena situasi baru

Kesepian ini bisa dialami oleh seseorang yang baru pindah ke kota yang baru di mana tidak ada seorang pun kenalan ada di sana. Kesepian jenis ini juga bisa terjadi pada mereka yang baru bekerja di tempat yang baru. Kurang familiar terhadap orang atau suasana baru bisa menyebabkan kesepian.

(Bukan karena Tak Punya Pasangan, 55 Persen Orang Kesepian Ditentukan oleh Genetika )

2. Kesepian karena berbeda

Ketika seseorang berada di tempat yang kurang familiar baginya, muncul rasa sepi karena merasa berbeda dengan orang lain. Perasaan seperti merasa terisolasi dan terpisahkan dari orang lain.

Kesepian jenis ini juga bisa terjadi ketika misalnya apa yang kita anggap penting, tidak dianggap penting oleh orang lain.

3. Kesepian tanpa pasangan

Sekalipun seseorang memiliki keluarga dan banyak teman, ia bisa merasa kesepian karena tidak memiliki pasangan dalam hubungan romantis. Atau mungkin seseorang memiliki pasangan, namun hubungan yang terjalin terasa tidak dalam dan intim.

4. Kesepian tanpa hewan peliharaan