Find Us On Social Media :

Zaman Boleh Berubah, Tapi Cara Terbaik Mendidik Anak Sebenarnya Masih Sama

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 7 Maret 2017 | 19:00 WIB

Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendidik Anak

Intisari-Online.com—Wajar saja kalau timbul rasa takut apakah anak bisa bertumbuh menjadi anak yang hebat kalau aktivitasnya hanya berhubungan dengan layar gawai saja . Tapi, orangtua jangan merasa lelah dan kalah dulu kalau anak sekarang lebih perhatian pada teknologi.

Karena sebetulnya orangtua masih bisa mendidik anak dengan cara yang sama seperti orangtua zaman dulu yang belum ditantang kemajuan zaman. Sekalipun modernisasi seolah merenggut nilai-nilai yang penting bagi perkembangan anak, orangtua masih bisa menerapkan beberapa strategi lama.

(Jangan Menyerah, Kita Pasti Bisa Menjadi Orangtua yang Lebih Baik bagi Anak ADHD!)

Dengan menerapkan 6 metode ini, niscaya anak bertumbuh menjadi anak yang baik dan menjadi manusia yang bermoral! Ahli psikologi dari Harvard University merumuskannya melalui upworthy.com berikut ini:

1. Miliki waktu bersama anak

Dasar dari pola asuh yang benar adalah menghabiskan waktu bersama dengan anak. Berbicara, bertanya, dan berdiskusi dengan mereka. Waktu yang berkualitas bersama anak akan membentuk pola pikir anak.

Tidak hanya orangtua yang belajar untuk mengenal dan membentuk kepribadian anak, orangtua juga bisa mendemonstrasikan kasih sayang dan kepedulian.

2. Keras untuk hal-hal yang penting

Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa sekalipun orangtua berusaha untuk menyampaikan hal-hal yang penting dengan cara yang lembut, belum tentu semua pesan sampai pada anak.

Karena itu, pastikan anak mengerti hal-hal yang prinsip. Jika perlu, pesan tersebut harus disampaikan dengan cara yang “keras”.

3. Tunjukkan teladan

Jika kita ingin anak bertumbuh menjadi anak yang baik dan hebat, berikan teladan padanya. Jangan tuntut anak melakukan hal-hal yang orangtuanya saja tidak bisa melakukannya.